5 Tanda bahwa Anda Mengalami Burnout

business-man

Situasi di mana seseorang merasa kelelahan secara fisik ataupun mental yang disebabkan oleh pekerjaan dikenal dengan istilah burnout. Biasanya burnout disebabkan oleh stress karena masalah keuangan, terlalu beratnya tanggung jawab yang dipikul dan rasa ketakutan yang berlebihan akan kegagalan.

business-man

(Sumber: entrepreneur.com)

Burnout memang situasi yang sangat buruk. Selain itu burnout juga dapat menyebabkan berbagai macam masalah bagi seorang pekerja. Mulai dari menurunnya kesehatan, kurang tidur bahkan cemas yang berlebihan. Dalam situasi seperti ini penting bagi Anda untuk mengenal seberapa besar burnout yang Anda rasakan terhadap pekerjaan Anda.

Berikut beberapa tanda jika Anda mengalami burnout.

  1. Pilihan gaya hidup

Perubahan gaya hidup merupakan salah satu indikasi dari burnout. Hal ini disebabkan oleh seseorang yang menderita burnout tidak akan peduli dengan gaya hidup sehat dan tidak memperhatikan kesehatan mereka. Mengkonsumsi minuman beralkohol menjadi salah satu coping stress para penderita burnout.

  1. Memikirkan pekerjaan secara berlebihan

Wajar saja jika Anda kepikiran dengan pekerjaan Anda saat berada di rumah. Namun jika sepanjang waktu Anda di rumah Anda terus-terusan memikirkan pekerjaan, maka ini adalah saatnya Anda mengkhawatirkan diri Anda. Memikirkan pekerjaan secara berlebihan tidak hanya membuat Anda stress, namun juga membuat Anda tidak nyaman menjalankan aktivitas lainnya. Ini merupakan salah satu indikasi dari burnout dan Anda harus mulai memperhatikannya.

  1. Sinisme

Jika Anda tiba-tiba berpikir negatif dengan apa yang terjadi dalam hidup Anda, maka itu adalah saat di mana Anda harus memikirkan apa yang menjadi penyebab Anda menjadi seperti itu. Mudah jengkel, mudah menggertak, dan mudah mengeluh menjadi salah satu pertanda burnout.

  1. Sulit menjalin relasi

Stress akan berdampak dalam berbagai aspek kehidupan Anda, termasuk kehidupan sosial Anda. Stress menyebabkan seseorang menjadi tidak sabaran dan mudah terlibat dalam argumen. Beberapa di antaranya bahkan mulai menjauhi keluarga, orang terdekat dan teman-temannya. Hal ini sungguh sangat tidak sehat bagi Anda.

  1. Masalah kesehatan

Last but not least, jika kondisi kesehatan Anda memburuk, maka Anda harus berpikir dua kali sebelum terlalu jauh. Sedikit pusing, sakit punggung hingga masalah jantung bisa menjadi salah satu gejala burnout yang Anda alami. Jika Anda merasa gampang sakit, Anda harus mulai memikirkan kesehatan Anda.

Jika salah satu atau beberapa tanda di atas dialami oleh Anda, janganlah merasa khawatir! Melawan dan mengatasi burnout memang hal yang sulit. Namun jika Anda mendapatkan informasi yang tepat, maka Anda pun akan dapat mengatasinya lebih cepat. Mulailah dengan melepaskan diri dari segala pikiran mengenai pekerjaan dan fokus dalam menangkan pikiran dan tubuh Anda. (*)