5 Resolusi Karir untuk 2014

Masih di suasana tahun baru. Biasanya janji-janji perubahan aktif bergulir seraya berharap tahun ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya. Beberapa resolusi yang paling populer biasanya terkait dengan kesehatan, seperti berhenti merokok, rajin berolahraga dan mengurangi stres.

Salah satu resolusi yang tak kalah favorit yaitu menemukan pekerjaan baru yang lebih baik. Jika Anda masih bingung langkah strategis apa yang sebaiknya dilakukan untuk menunjang karir pada tahun ini, berikut 5 cara yang mungkin bisa membantu Anda, seperti dilansir dari blogging4jobs:

1. Perbarui Resume Anda

Meskipun beberapa artikel di blog memposting kurang pentingnya resume saat ini, namun sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Jika Anda mencari pekerjaan, resume masih merupakan instrumen yang mesti Anda prioritaskan. Tulis resume Anda dengan baik dan jelas. Upayakan agar resume Anda bisa mengartikulasikan apa yang Anda tawarkan. Dan jangan lupa menunjukkan siapa Anda serta tulis alasan mengapa Anda adalah pekerja terbaik yang harus mereka miliki.

2. Tingkatkan Profil LinkedIn Anda

Jika saat ini profil Anda belum memiliki prestasi, keterampilan, atau rekomendasi dari partner atau link Anda, buat itu semua sekarang. Sisihkan waktu untuk menjadikan profil Anda lebih berkesan, layaknya selebriti di LinkedIn. Atau ternyata Anda belum bergabung, sebaiknya pertimbangkan untuk membuat 1 profil LinkedIn pada bulan Januari tahun ini.

3. Bersihkan jejak online Anda

Kini perekrut dan perusahaan kerap mengidentifikasi dan mengevaluasi kandidat atau pelamar kerja melalui jejaring sosial. Mereka menjelajahi LinkedIn, Facebook, Twitter, Instagram, About.me, Pinterest dan blog untuk mencari talent. Jadi tanyakan pada diri Anda, apakah profil sosial Anda dapat membantu atau malah merugikan Anda? Jika jawabannya adalah merugikan, segera buat rencana untuk membersihkan profil online Anda sekarang juga.

4. Kuatkan Network Anda

Tentunya teman, keluarga dan jaringan dapat menjadi partner kita untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. Dengan memperluas network maka kita mempunyai sumber yang berharga dalam karir. Perluas jaringan Anda dengan membiarkan orang tahu bahwa Anda ingin memiliki koneksi. Dan siapa tahu seseorang akan merujuk Anda kepada tim HR mereka dan menjadi jalan masuk ke perusahaan baru yang Anda inginkan.

5. Tetap Optimis

Seberapa besar usaha Anda untuk mendapatkan pekerjaan, penting untuk tetap berpikir positif , gigih dan profesional. Jika Anda terlihat frustasi, perekrut dan calon perusahaan akan menganggap Anda tak layak diperjuangkan. Anggap setiap email yang Anda terima, panggilan wawancara yang Anda lakukan seolah-olah baru pertama Anda rasakan. Selamat tahun baru!

 

Tags: ,