5 Pelajaran Kepemimpinan Saat Jadi Mahasiswa

hats-657140_640

Kebanyakan orang beranggapan bahwa lulusan universitas memiliki pengalaman yang minim dalam konteks kerja. Kecuali lulusan tersebut pernah setidaknya mengikuti program magang di suatu perusahaan yang membuat mereka tersentuh dengan pengalaman kerja secara langsung.

Padahal tanpa Anda sadari Anda pun mendapatkan pengalaman kerja selama Anda menjadi mahasiswa. Aktif dalam organisasi di kampus, mengikuti pelatihan kepemimpinan dan aktivitas lainnya di luar perkuliahan ternyata dapat menjadi modal Anda untuk mendapatkan pengalaman kerja.

hats-657140_640

(Sumber image: pixabaycom)

Baca juga: Tips Kepemimpinan dari 9 Karakter Fiksi

Terlebih lagi sebagai seorang pemimpin. John Boitnott, salah satu kontributor Inc, menuliskan bahwa terdapat beberapa pembelajaran mengenai kepemimpinan yang tanpa Anda sadari, Anda pelajari di kampus. Apa sajakah hal tersebut? Simak pemaparannya di bawah ini.

1. Bekerja dalam Tim.

Terkadang tidak semua orang menganggap serius tugas kelompok saat perkuliahan. Padahal tugas kelompok secara tidak langsung membentuk skill bagaimana caranya bekerja sama dalam suatu tim. Bekerja dalam tim merupakan salah satu aktivitas yang kerap kali dilakukan dalam bekerja. Dengan bekerja dalam tim secara tidak langsung Anda bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan diri Anda ataupun rekan dalam tim Anda dan sama-sama mencari solusi bagaimana menutupi kelemahan tersebut dan menonjolkan kekuatannya.

2. Menjadi yang ‘Berbeda’ dari Kebanyakan.

Selama Anda menjadi mahasiswa pasti Anda pernah bertemu rekan Anda yang selalu menjawab pertanyaan dosen. Terkadang tipe mahasiswa seperti ini tidak disukai oleh mahasiswa lain karena cenderung menyebalkan.

Namun tahukah Anda, untuk menjadi seorang pemimpin Anda perlu menjadi seseorang yang seperti itu. Menyatakan pendapat di saat tidak ada orang lain yang menyatakan pendapatnya dapat membuat Anda dihargai. Karena bisa saja pendapat yang ingin Anda sampaikan juga dimiliki oleh orang lain namun ia tidak memiliki keberanian untuk mengutarakan pendapatnya.

Baca juga: Tips Kepemimpinan dari CEO Tripadvisor

3. Berkelompok dengan Siapa Saja.

Biasanya mahasiswa akan terbagi dalam dua kelompok, kelompok yang selalu berusaha keras dan kelompok yang santai. Seorang pemimpin yang baik akan berusaha keras dengan hati-hati namun hanya pada saat yang dibutuhkan. Ketika saatnya santai ia pun akan mengerjakannya dengan santai. Hal ini membuat ia dibantu oleh kedua kelompok tersebut. Menguntungkan bukan?

4. Manajemen Waktu.

Sejak menjadi mahasiswa tanpa Anda sadari Anda sudah belajar untuk mengatur waktu Anda. Kapan harus belajar untuk ujian, mengerjakan tugas, rapat organisasi, bahkan bersenang-senang dengan teman-teman. Jika tidak dapat mengatur waktu dengan baik maka semua aktivitas pun akan terbengkalai dan pada akhirnya tidak ada yang terselesaikan.

5. Belajar untuk Berkata Tidak.

Kampus merupakan tempat yang hebat untuk meningkatkan kemampuan Anda yang dapat membantu Anda untuk membuat hidup Anda seimbang. Selain itu Anda juga berpotensi menjadi pemimpin yang lebih baik.

Anda mungkin kerap kali dihadapkan pada pilihan seperti belajar untuk ujian ataupun pergi menghadiri acara musik saat menjadi mahasiswa. Demi akademis, Anda pun melewatkan waktu bersenang-senang. Namun hal tersebut membuat Anda terlatih dalam berkata ‘tidak’ sehingga dapat menjadi role model bagi orang yang bekerja untuk Anda nantinya.

Belajar tidak selalu harus di dalam kelas. Banyak pelajaran yang bisa Anda dapatkan dari luar ruang kelas. Ambillah setiap kesempatan yang Anda rasa menarik sehingga Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik nantinya. (*)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,