5 Makanan Yang Bikin Ngantuk Setelah Makan Siang

Apakah Anda sering mengantuk setelah makan siang? Jika jawaban Anda Ya, maka Anda tidak perlu takut. Hal ini dikarenakan rasa kantuk yang muncul setelah makan siang adalah yang wajar. Rasa kantuk yang muncul setelah makan siang dikenal dengan post-dip lunch. Meskipun hal ini wajar terjadi, namun percaya atau tidak Anda dapat menghindarinya.

Rasa kantuk yang muncul setelah makan siang disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi pada saat makan siang. Bisa saja makanan yang Anda konsumsi saat makan siang adalah makanan yang memicu rasa kantuk sehingga setelah kembali bekerja Anda bukannya bersemangat namun malah merasa mengantuk. Lalu makanan apa yang harus dihindari saat makan siang agar tidak mengantuk setelahnya? Berikut ini daftarnya.

1. Buah Pisang dan Cherry

Jika Anda ingin tidak merasa mengantuk setelah makan siang, hindari mengkonsumsi buah pisang ataupun cherry saat makan siang. Pisang memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi yang berfungsi untuk membuat otot rileks. Sedangkan cherry memiliki kandungan melatonin yang tinggi, yakni zat yang merangsang rasa kantuk. Sehingga alangkah lebih baiknya jika Anda menghindari konsumsi kedua buah ini saat makan siang. Anda bisa coba untuk mengkonsumsi semangka. Buah yang memiliki banyak kandungan air ini dapat memerangi dehidrasi yang menjadi penyebab utama munculnya rasa kantuk.

Baca juga: 5 tips hilangkan kantuk setelah makan siang

2. Daging Merah

Daging merah yang terdapat dalam steak ataupun burger dapat membuat Anda mengantuk setelah mengkonsumsinya. Hal ini disebabkan untuk mencerna daging merah membutuhkan banyak energi sehingga membuat Anda mengantuk. Alternatifnya adalah mengkonsumsi daging ayam ataupun daging ikan seperti salmon. Perlu Anda ketahui bahwa daging ikan salmon mengandung omega-3 yang dapat membantu fungsi otak dan fokus diri Anda.

3. Makanan yang Mengandung Gula Tinggi

Sepotong cake atau seporsi cupcake setelah makan siang mungkin bisa menjadi dessert yang nikmat. Namun keduanya memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Kandungan gula yang berlebih dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat, sehingga membuat Anda bersemangat dengan sekejap. Namun efek ini hanya akan bertahan sebentar. Tubuh akan melepaskan insulin yang memicu produksi hormone tryptophan, hormone yang memicu rasa kantuk. Alternatifnya adalah dengan mengkonsumsi yoghurt dengan sedikit potongan buah-buahan. Yoghurt dapat meningkatkan metabolism tubuh dan membuat Anda terjaga lebih lama.

4. Roti Putih

Sama halnya seperti cake, roti putih juga mengandung gula yang cukup tinggi. Jika Anda ingin mengkonsumsi sandwich saat makan siang, pastikan Anda menggantinya dengan roti gandum. Karbohidrat sederhana yang terdapat dalam roti gandung akan dapat dicerna perlahan dan tentu saja membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

5. Makanan yang Digoreng

Segala makanan yang digoreng tentu saja rasanya akan lebih nikmat dibandingkan dengan makanan yang direbus ataupun dipanggang. Namun makanan yang digoreng biasanya mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang tidak baik bagi jantung Anda. Selain itu minyak yang terdapat dalam makanan yang Anda konsumsi akan membuat tubuh bekerja lebih keras untuk mencernanya. Sehingga energi Anda akan habis untuk mencerna makanan tersebut dan membuat Anda mengantuk. Anda bisa menggantinya dengan memanggang ataupun merebus makanan tersebut.

Salah satu faktor yang membuat rasa kantuk muncul adalah kekurangan cairan tubuh. Pastikan Anda mengkonsumsi air putih dengan cukup sehingga tubuh Anda tidak kekurangan cairan (dehidrasi). Ingatlah untuk meminum air putih 8 gelas sehari agar terhindar dari dehidrasi. Selamat makan siang!

Baca juga: Apakah perlu pekerja tidur siang?

Tags: ,