5 Kesalahan Kecil dalam Profil LinkedIn yang Perlu Anda Perbaiki

linkedin-911794_640

Profil LinkedIn Anda bisa membuat Anda mendapatkan kesempatan atau mungkin menghancurkan kesempatan Anda untuk dipanggil wawancara. Sama halnya dengan CV, melalui profil LinkedIn para rekruter tidak perlu waktu lama untuk mereviewnya.

Terdapat beberapa kesalahan yang mungkin tidak Anda sadari namun disadari para rekruter dalam profil Anda. Sebelum Anda menghancurkan kesempatan Anda sendiri, ada baiknya ada menyimak 5 (lima) poin ala The Muse yang membuat para rekruter meninggalkan profil LinkedIn Anda.

linkedin-911794_640

1. Menggunakan Present Tense pada Penjelasan Pengalaman Kerja Sebelumnya

Membuat profil LinkedIn Anda up-to-date memang sudah menjadi kewajiban Anda. Namun terkadang membuatnya up-to-date menjadikan Anda menjadi tidak teliti. Pastikan deskripsi pengalaman kerja Anda yang sebelumnya, menggunakan past tense. Hal ini mungkin terdengar sepele, namun perlu Anda ingat bahwa rekruter hanya butuh beberapa detik untuk mereview profil Anda. Kesalahan kecil yang Anda lakukan bisa membuat mereka berpindah ke halaman berikutnya. Salah satunya adalah tenses yang Anda gunakan.

2. Endorsement pada Microsoft Word Skill

Bukan berarti Anda dianggap tidak jago Microsoft Word. Namun jika Anda meletakkan Microsoft Word terlebih dahulu sebelum skill unik Anda yang lain seperti programming, copywriting dan image editing, Anda hanya membuang kesempatan untuk terlihat menarik. Anda bisa me-remove skill Microsoft Word atau menyusun kembali skill Anda. Letakkan skill yang ingin Anda tunjukkan di paling awal. Perlu diingat bahwa rekruter ingin melihat mengapa mereka harus memilih Anda. Memberi tahu mereka bahwa Anda ahli di Microsoft Word tidak akan membantu Anda.

Baca juga: Sempurnakan LinkedIn Anda dengan 5 Langkah Mudah

3. Menuliskan Semua Kelas atau Kursus yang Pernah Anda Ambil

Menuliskan semua kelas yang pernah Anda ambil dalam bagian Education hanya akan membuat para rekruter melewatinya. Tuliskan hanya kelas atau kursus yang relevan dengan apa yang Anda inginkan atau yang ingin membuat Anda terlihat berbeda.

4. Foto profil yang Tidak Profesional

Percaya atau tidak, masih banyak orang yang menggunakan foto profil yang terlihat tidak profesional. Bagaimana pun juga foto profil adalah hal yang dilihat para rekruter terlebih dahulu. Pastikan foto profil Anda menunjukkan keprofesionalan Anda.

5. Job Description yang Terlalu Panjang

Jika Anda menuliskan job description terlalu panjang, kemungkinan besar rekruter pun akan melewatinya. Tuliskan yang penting saja dan dalam bentuk poin. Hal ini akan memudahkan para rekruter memahami pekerjaan Anda sebelumnya. Selain itu hal ini juga akan meminimalisir kemungkinan rekruter melewati profil Anda. (*)