5 Hobi Ini Bisa Membuat Anda Menjadi Lebih Pintar

pause-828757_640

Suatu hobi tidak saja hanya berfungsi sebagai pelepas penat atau pengisi waktu luang belaka. Penelitian menunjukkan bahwa hobi-hobi kreatif seperti menjahit, merajut dan memasak dapat meningkatkan performa kita di tempat kerja. Dan tahukah Anda bahwa ada beberapa kegiatan pengisi waktu luang yang ternyata dapat meningkatkan kecerdasan kita?

Sebuah infografis yang ditulis oleh Pro Essay Writer menyatakan bahwa hobi yang tepat dapat meningkatkan kinerja otak selain pada saat yang sama juga memberikan kebahagian kepada diri kita. Seperti disinggung dalam artikel 5 Aktivitas untuk Menajamkan Otak, berikut ini adalah penjelasan mengapa 5 aktvitas menyenangkan ini dapat dijadikan sebagai hobi yang juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak.

pause-828757_640

1. Berolahraga

Tidak mengherankan memang jika olahraga menjadi salah satu hobi yang sangat bermanfaat. Selain menyehatkan, olahraga juga dapat meningkatkan performa seorang pemimpin. PsyBlog bahkan memaparkan bahwa olahraga mampu meningkatkan kesehatan mental kita hingga 50%.

Manfaat tambahan dari berolahraga adalah meningkatkan kecerdasan kita. Sebuah penelitian mendapatkan hasil bahwa kegiatan olah raga seperti gym dapat meningkatkan daya ingat kita terhadap objek yang pernah kita temui (familiarity of previously encountered object).

Selain itu, dengan berolahraga ingatan jangka pangjang kita pun akan terlatih karena kebiasaan baik ini memicu terbentuknya Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF), salah satu protein yang berkaitan dengan memori jangka panjang.

2. Bermain instrumen musik

Gitar bukan saja sebuah alat untuk berkarya seni musik atau menunjukkan kreativitas seseorang, tetapi juga bisa menambah kecerdasan seseorang. Bermain instrumen musik terbukti dapat meningkatkan kinerja kognitif dan akademik seseorang dengan cara meningkatkan fungsi eksekutif di dalam tubuh.

Dari temuan-temuan yang ada, maka disarankan bagi orang tua untuk mengajarkan anaknya mengenal musik sejak dini. Jika seorang anak diperkenalkan dengan musik informal sejak usia dua atau tiga tahun, kemampuan berbahasa, mengenal angka, bersosialisasi, dan mengontrol emosi pada saat mereka berusia lima tahun. Oleh karena itu, biasakan anak-anak Anda untuk mengenal dan bermain dengan instrument music sedari kecil.

Baca juga: Seperlima Karyawan Tingkatkan Pendapatan Lewat Hobi

3. Bermain video game

Pernyataan yang satu ini mungkin cukup mengejutkan. Pasalnya, bermain video game biasanya kita lakukan justru saat kita sedang bosan atau malas bekerja. Namun, meskipun dicap sebagai aktivitas hiburan semata, pada kenyataannya bermain video game memiliki efek positif terhadap kecerdasan seseorang. Video game meningkatkan ingatan kerja dan juga navigasi spasial serta gerakan motoriknya. Sumber lain mengatakan bahwa bermain video game membantu kita untuk menjadi lebih cepat dalam mengambil keputusan ketika berada di situasi terdesak.

4. Belajar Bahasa Baru

Belajar Bahasa tidak hanya mempermudah kita untuk berkomunikasi saat traveling. Belajar Bahasa juga dapat menunda penuaan otak serta berdampatk positif terhadap kemampuan kognisi di kemudian hari. Hobi ini juga memberikan keuntungan bagi pelakunya dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah, perencanaan, teka teki, dan task management karena terbiasa untuk berpindah dari bahasa satu ke yang lainnya.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk belajar setidaknya Bahasa kedua selain bahasa utama yang kita pelajari.

5. Membaca

Membaca bisa jadi adalah pilihan yang sudah cukup jelas akan menambah kecerdasan kita. Hanya saja, tidak semua orang menyempatkan waktunya untuk mengambil sebuah buku, dan kemudian dibacanya. Seperti disebutkan dalam tulisan di inc.com, membaca setiap hari mengakselerasi adanya konektivitas di dalam kortek temporal kiri pada otak (bagian yang berhubungan dengan penerimaan bahasa). (*)