5 Cara Kalahkan Stress Pada Pekerjaan

Merasa stress terhadap pekerjaan merupakan hal wajar yang Anda rasakan. Lalu bagaimana Anda menanggulangi stress Anda tersebut? Apakah stress tersebut menurunkan semangat Anda atau justru meningkatkan kinerja Anda? Salah satu hal penting yang perlu Anda ketahui adalah Anda harus mengatur stress Anda atau biasa dikenal dengan stress management. Seperti apa stress management itu? Business Management Daily memberikan pemaparannya bagi Anda.

1. Fokus pada tujuan

Perlu diingat bahwa stress merupakan suatu reaksi yang tidak dapat Anda hindari, menurut Beth Burgess, terapis yang berfokus pada pelatihan anti-stress. “Stress merupakan respon diri terhadap suatu kejadian. Untuk mengembangkan mindset bebas dari stress dalam pekerjaan, perlu untuk diingat untuk lebih fokus pada tujuan dibandingkan mencemaskannya. Berpikir lebih positif juga membuat Anda bebas dari stress,” ungkap Burgess.

Baca juga: Konsisten Terapkan Tunjangan Kesejahteraan

2. Fokus pada apa yang bisa dikerjakan

“Lakukan apa yang bisa Anda kerjakan. Anda tidak bisa mengontrol faktor eksternal yang mengganggu tujuan Anda, dan Anda tidak perlu mengkhawatirkannya,” ungkap Burgess. Fokus pada apa yang bisa Anda lakukan dan kembangkan dibandingkan yang tidak bisa Anda lakukan akan membuat Anda lebih baik.

3. Fokus pada tujuan utama

“Untuk menyelesaikan konflik, ingatlah untuk tetap berfokus pada tujuan Anda. Melakukan negosiasi juga akan lebih baik dibandingkan dengan membicarakan pekerjaan orang lain,” menurut Burgess. “Jika Anda merasa tidak yakin, carilah informasi lebih banyak atau pecahlah menjadi bagian lebih kecil agar lebih mudah digunakan. Lakukan sesuai jadwal yang sudah dibuat agar tidak membuang waktu. Setelah Anda menyelesaikan satu tugas, tinggalkan dan anggap tugas tersebut sudah selesai.”

4. Tetapkan batasan

Tetapkan batasan stress pada diri Anda. Menurut Stephanie Mazzanti, selaku terapis mind-body, jangan biarkan lingkungan kerja Anda memberikan dampak pada tubuh Anda.

5. Belajar untuk menanggulangi stress

Sangat penting untuk setiap pekerja memiliki strategi menanggulangi stress masing-masing, menurut Mazzanti. “Misalnya, jika rekan kerja Anda memberikan komentar negatif terhadap apa yang Anda kerjakan, yakinkan pada diri Anda bahwa itu urusan mereka bukan urusan Anda,” ungkap Mazzanti. Selain itu mengatur nafas juga termasuk dalam strategi menanggulangi stress. Anda juga sebenarnya bisa mencari strategi menanggulangi stress Anda sendiri.

Baca juga: Survei: Separuh Pekerja Mengalami Stress

Tags: ,