4 Tips Tetap Kreatif di Tengah Kesibukan

traffic-843309_640

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, jarang sekali kita memberikan kesempatan bagi otak kita untuk nganggur, istirahat atau melamun. Misalnya saja ketika di kantor, kita bekerja, mengolah data, menganalisis, mengoordinasi tim, dan melakukan aktivitas lainnya yang membutuhkan fokus tinggi. Lantas, ‘sibuk’ menjadi kata yang harus disematkan dalam keseharian.

traffic-843309_640

Lalu, ketika kita memiliki kesempatan untuk mengistirahatkan otak kita, yang kita lakukan justru sibuk dengan handphone, aktif di sosial media yang pada akhirnya tetep membuat otak kita berpikir. Sesekali, berilah kesempatan pada otak Anda untuk berisitirahat. Karena jika otak terus menerus memproses informasi, akan sulit baginya untuk mengelana dan menghasilkan imajinasi kreatif.

Setidaknya, ada 4 (empat)  hal yang dapat kita lakukan untuk membuat kita tetap kreatif di tengah kesibukan melakukan berbagai aktivitas di zaman moderen ini,

  1. Jalan-jalan tanpa membawa smartphone

Sebuah penelitian mendapatkan hasil bahwa orang yang berjalan-jalan tanpa ponsel ternyata lebih mampu menelurkan lebih banyak ide dibandingkan orang yang melakukan treadmill di ruang tertutup.

  1. Keluar dari zona nyaman

Daripada fokus secara intensif pada satu bidang yang Anda tekuni saat ini, luangkan waktu untuk menambah keterampilan lainnya. Anda juga dapat melakukan perjalanan (traveling) ke tempat-tempat yang menarik. Dengan memiliki pengalaman yang banyak dan beragam, seeorang akan menjadi lebih kreatif.

  1. Sempatkan waktu untuk bermain dan bersenang-senang

Stuart Brown dalam bukunya yang berjudul “Play”menyatakan bahwa manusia adalah satu-satunya mamalia yang berhenti bermain setelah dewasa. Hal ini sebetulnya cukup merugikan karena bermain dapat meningkatkan mood positif, menjadi lebih bahagia dan inisiatif tinggi. Oleh karena itu, sempatkan untuk bermain-main dengan peliharaan Anda di rumah, ikut bermain dengan anak-anak atau bergabung dalam klub sepak bola.

  1. Seimbangkan antara berpikir berat dengan yang ringan

Dalam kehidupan sehari-hari, janganlah hanya berfokus untuk mengerjakan pekerjaan berat yang butuh fokus dan konsentrasi tinggi. Beri kesempatan bagi otak Anda untuk bersenang-senang dan memikirkan hal-hal yang ringan. Karena di saat itulah otak kita beristirahat sehingga tercipta sebuah ruangan di dalamnya untuk ide-ide besar yang kreatif. (*)