4 Tips Jadikan Jum’at Lebih Produktif

vacation-149960_640

Jika Anda penganut kepercayaan ‘I don’t like Monday,’ Anda berarti satu suara dengan Kat Boogaard, salah satu kontributor The Muse. Menurutnya, mengeluhkan kedatangan hari Senin adalah hal yang lumrah. “Namun jika dipikir-pikir lagi, saya sebenarnya tidak begitu membenci hari Senin. Karena nyatanya, hari Senin adalah hari paling produktif bagi saya,” tulis Boogaard. Pada hari Senin Boogaard membalas email, membuat to-do-lists, menyusun proyek-proyek besar bahkan memiliki pemikiran bagaimana caranya menciptakan perdamaian dunia.

vacation-149960_640

Pada awal minggu, biasanya ambisi dan antusiasme kerja akan meningkat. Seiring berjalannya hari, datanglah hari Jum’at. Kebanyakan orang menyukai hari Jum’at, begitupula dengan Boogaard, karena tidak lama lagi ia akan mendapatkan waktu libur selama 48 jam. Pola pikir ‘libur’ yang datang pada hari Jum’at ini ternyata menurunkan produktivitasnya. Selama hari Jum’at kegiatannya lebih sering dipenuhi dengan scrolling laman Facebook, menguap dan memikirkan apa yang akan dilakukan pada akhir minggu.

Baca Juga: I don’t Like Monday!

Ketidakproduktivitasan inilah yang membuat Boogaard menantang dirinya sendiri untuk tetap produktif di hari Jum’at. Meskipun ia sangat mengantuk pada hari Jum’at, namun beberapa tips ini bisa membuatnya lebih produktif.

1. Selesaikan Tugas-tugas yang Lebih Sederhana

Akuilah pada hari Jum’at Anda tidak akan mungkin menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan berat. Selesaikan pekerjaan yang Anda anggap berat pada awal minggu dan kerjakan hal-hal yang lebih ringan pada hari Jum’at. Sekedar mengisi laporan, merapikan inbox atau meja kerja bisa membuat hari Jum’at Anda lebih produktif.

2. Buatlah Rencana untuk Minggu Depan

Tidak ada tips produktivitas yang bisa membuat Anda lebih produktif pada hari Jum’at. Namun bukan berarti Anda tidak bisa menciptakan produktivitas Anda sendiri. Anda bisa merencanakan apa yang akan Anda lakukan pada minggu depan. Apa yang ingin Anda selesaikan, apa yang harus Anda lakukan untuk menyelesaikan hal tersebut, atau membuat outline bagi presentasi proyek minggu depan. Setidaknya pada hari Senin pagi Anda datang ke kantor, Anda sudah memiliki rencana apa yang ingin Anda lakukan.

Baca juga: Inilah Tips untuk Memulai Hari

3. Menjadwalkan Meeting

Jangankan pergi menghadiri meeting, melakukan pekerjaan di meja Anda pun sudah malas-malasan. Namun bagi Boogaard, hari Jum’at merupakan hari di mana ia memiliki kesempatan untuk bangkit dari meja kerjanya dan berbincang dengan rekan kerjanya. “Saya menjadwalkan panggilan telepon, meeting dan pertemuan pada hari Jum’at. Hal ini membuat saya pergi dari meja kerja dan bersosialisasi dengan orang lain,” tulis Boogaard.

4. Pergunakan Teknik Pomodoro

Menurut Boogaard, Teknik Pomodoro bisa membuatnya lebih produktif pada hari Jum’at. Pada dasarnya Teknik Pomodoro ini adalah teknik manajemen waktu yang membagi waktu kerja Anda selama 25 menit dengan istirahat selama lima menit. Anda akan mengatur timer untuk setiap interval untuk membangun situasi yang mendesak. “Saya mencobanya dan hal tersebut bekerja pada saya. Meskipun teknik tersebut sulit untuk diaplikasikan pada hari sibuk, teknik tersebut dapat sangat membantu,” tulis Boogaard. (*)