4 Manfaat Mengirim Staf Anda ke Seminar

Kini banyak sekali seminar atau konferensi yang berstandar bagus dan layak untuk diikuti. Menghadiri event atau seminar tidak sepenuhnya sia-sia, kini mengikuti seminar tidak hanya sebagai persyaratan Anda untuk naik jabatan, namun banyak manfaat lainnya selain pengembangan karir dan personal Anda. Berikut ini 4 manfaat yang bisa dirasakan karyawan Anda jika mengikuti seminar, seperti kami kutip dari Inc.com:

1. Learn

Di dalam konferensi banyak sekali hal yang bisa dipelajari. Hal ini jelas memotivasi bagi siapa saja yang ingin mengikuti sebuah seminar. Namun jika Anda merasa bahwa seminar tersebut tidak memenuhi kebutuhan wawasan Anda, jangan ragu untuk keluar dan mencari sessi yang lebih cocok dengan Anda. Ingat, Anda dibayar untuk berada di sana, jadi usahakan Anda bisa membawa hal yang bermanfaat bagi organisasi dan terutama diri Anda sendiri.

2. Network

Ini adalah salah satu alasan yang paling populer jika Anda mengikuti seminar, yaitu networking. Siapa yang tidak ingin memiliki kesempatan untuk bertemu dan mengenal orang baru yang bekerja di industri yang sama dengan Anda? Manfaatkanlah hal itu dan dapatkan koneksi sebanyak mungkin pada kesempatan itu. Bisa jadi Anda akan bertemu partner atau klien yang potensial bagi organisasi atau bisnis Anda. Jangan sia-sia kan peluang berharga tersebut.

3. Content

Apa maksudnya? Jika dulu orang-orang yang menghadiri sebuah konferensi hanya bisa belajar jika hadir pada acara itu, tidak untuk sekarang. Semenjak ada social media semuanya berangsur berubah. Sekarang lihat di sekitar Anda pada saat seminar, hampir setiap orang men-tweet atau mencatat potongan materi yang sedang mereka dengarkan. Oleh sebab itu, jika Anda tidak mengikuti seminar pun, Anda bisa mengintip materi/ konten apa saja yang dipaparkan dalam seminar tersebut melalui media sosial. Dan konten tersebut dapat menjadi informasi bagi teman atau relasi Anda di social media Anda. Bagi penyelanggara sepertinya hal yang sulit untuk menutupi konten Anda ke publik saat ini.

4. Share

Jika Anda mengirim seseorang untuk konferensi jangan sia-siakan ilmu dari mereka. Hal ini yang mesti dipersiapkan perusahaan atau organisasi, jika tidak ada media yang bisa menuangkan materi dari konferensi tersebut, buatlah sebuah pertemuan khusus dimana mereka bisa membagikan ilmunya kepada karyawan lain. Sehingga karyawan yang dikirimkan dapat menularkan ilmu dan motivasinya kepada tim dan organisasi Anda.

Itulah 4 manfaat yang bisa Anda rasakan, keuntungan yang didapat perusahaan Anda akan menjadi berlipat ganda untuk sebuah konferensi dari sekarang.

Tags: