4 Kesalahan dalam Networking dan Cara Mengatasinya

Anda mungkin kerap kali melakukan beberapa kesalahan yang akan dipaparkan di bawah ini. Namun terdapat beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk meminimalisir kesalahan tersebut seperti yang dikutip dari Inc.com.

1. Anda tidak benar-benar hadir

Ketika Anda mendatangi suatu event dan Anda lalu terlibat dalam suatu percakapan dengan orang lain, Anda kemudian berjabatan tangan namun pandangan Anda malah menyapu ruangan mencari orang yang ingin Anda temui. Hal seperti ini biasanya seringkali dilakukan tanpa Anda sadari.

Tahukah Anda? Bahwa ini merupakan salah satu hal buruk, meskipun banyak di antara kita yang melakukan hal ini. Anda kerap kali terfokus dalam pembicaraan dengan mereka yang berada dalam posisi lebih tinggi dari Anda dan kemudian mengabaikan pembicaraan Anda dengan mereka yang biasa-biasa saja posisinya.

Mungkin orang yang Anda ajak berbicara bukanlah seorang vice president, tapi perlu Anda ketahui bahwa ia terhubung dengan orang lain yang mungkin, lebih penting dibandingkan seorang vice president dan hal inilah yang Anda butuhkan. Suatu saat nanti Anda akan membutuhkan hal ini atau mungkin Anda akan terjebak dalam percakapan yang luar biasa dan mendapatkan pembelajaran dari orang tersebut.

Baca juga: Kiat Networking bagi si Introvert

2. Anda menunda-nunda networking hingga sudah terlambat

Semenjak Anda keluar dari pekerjaan Anda tiga tahun yang lalu, Anda tidak lagi bersosialisasi dan memperluas network Anda. Lalu ketika Anda membutuhkan pekerjaan, Anda kemudian mendatangi  event networking dan bertanya pada setiap orang yang Anda temui,”Apakah Anda memiliki pekerjaan untuk saya?” Jangan heran jika mereka mengerutkan dahi atau membelalakkan mata ketika Anda melakukan hal ini.

Untuk menghindari hal ini, salah satu caranya adalah dengan tetap keep contact dengan orang-orang dalam networking Anda. Anda bisa mencoba dengan menelpon mereka setiap dua bulan sekali. Anda juga bisa sesekali mengajak mereka makan siang dua kali dalam setahun. Atau Anda bisa mengirimkan undangan workshop ataupun artikel yang bermanfaat yang sekiranya dapat memperluas pengetahuan mereka. Dengan harapan mereka dapat tetap mengingat dan mengapresiasi diri Anda.

3. Anda hanya networking dengan orang-orang yang seperti Anda

Saat Anda bekerja, Anda hanya akrab dengan orang-orang dalam divisi Anda dan melupakan divisi lain. Padahal mengenal banyak orang adalah hal baik yang bisa Anda lakukan. Mungkin memang menyenangkan berada di antara orang-orang yang memahami diri Anda namun mereka bisa saja menjauhkan Anda dari orang-orang yang mengkritik Anda dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan Anda.

Buatlah network Anda seluas mungkin. Bertemanlah dengan mereka yang memiliki kemampuan berbeda, keahlian berbeda, latar belakang berbeda dan tingkat tanggung jawab yang berbeda dari diri Anda. Mungkin Anda akan merasa kurang nyaman, namun Anda dapat memperluas pengetahuan dan sudut pandang dalam memandang suatu permasalahan.

4. Anda terlalu sibuk untuk follow up

Anda berpartisipasi dalam suatu konferensi tahun lalu. Anda lalu bertemu dan berkenalan dengan banyak orang hebat. Namun ketika Anda kembali ke kantor, Anda terlalu sibuk dan lupa untuk mengontak kembali mereka. Ketika Anda membutuhkan mereka, tidak ada dari mereka yang membalas email Anda.

Mungkin bertukar kartu nama adalah suatu hal yang mudah. Namun sekedar bertukar kartu nama saja tidaklah cukup. Bertukar kartu nama adalah langkah pertama dalam memulai network. Anda perlu untuk mengikat mereka untuk menjadi bagian dari network mereka. Artinya Anda perlu terlibat dalam perbicangan setelah event tersebut berlalu.

Mungkin Anda bertukar kartu nama terlampau banyak. Daripada Anda mencoba untuk mengontak kembali semuanya, mungkin Anda dapat memilih beberapa orang yang Anda rasa nyaman dan orang yang Anda inginkan untuk menjadi bagian dalam network Anda. Pastikan bahwa Anda mengontak kembali mereka.

Baca juga: 4 Manfaat Mengirim Staf Anda ke Seminar

Tags: