4 Jenis Musik yang Dapat Meningkatkan Produktivitas

Berdasarkan suatu studi ditemukan bahwa para pekerja merasa lebih produktf jika bekerja sambil diiringi musik. Namun tidak semua musik dapat meningkatkan produktivitas. Pemilihan musik yang tepat dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda. Lalu, musik seperti apa yang dapat meningkatkan produktivitas? Simak pemaparannya di bawah ini seperti dikutip dari The Telegraph:

1. Musik Klasik

Jika pekerjaan Anda berkaitan dengan angka atau membutuhkan fokus terhadap hal-hal detail, sepertinya musik klasik cocok didengarkan oleh Anda. Berdasarkan suatu studi ditemukan bahwa pekerja akan menyelesaikan permasalahan matematis lebih baik sambil mendengarkan musik. Musik klasik juga cocok didengarkan sambil mengerjakan pekerjaan yang sifatnya butuh keakuratan dan ketelitian.

Baca juga: Suka Mendengarkan Musik Sambil Bekerja? Pilih Musik yang Mendukung

2. Musik Pop

Anda sedang dikejar deadline? Dengarkanlah musik pop. Musik pop dapat membantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Selain itu jika pekerjaan Anda adalah melakukan entry data, maka musik pop juga cocok untuk didengarkan saat bekerja.

3. Musik Ambient

Berdasarkan suatu studi, ditemukan bahwa musik ambient dapat meningkatkan tingkat akurasi seseorang dalam menyelesaikan tugas yang sifatnya menyelesaikan persamaan.

4. Musik Dance

Berdasarkan studi yang dilakukan ditemukan bahwa aliran musik ini dapat meningkatkan akurasi dan kecepatan performa berbagai macam pekerjaan. Pekerjaan seperti spell-checking, menyelesaikan persamaan, permasalahan matematis dan membaca cepat, akan dapat dilakukan lebih baik dan lebih cepat jika dilakukan sambil mendengarkan musik jenis aliran ini.

Mendengarkan musik memang akan dapat membuat Anda lebih bersemangat dan lebih produktif saat bekerja. Namun pastikan bahwa Anda mengenakan headphone atau tidak memasang musik terlalu keras agar tidak mengganggu rekan kerja Anda. Selamat mendengarkan!

Baca juga: Pekerja Muda Mendengarkan Musik di Tempat Kerja

Tags: , ,