4 Hal Yang Dilihat Perekrut Dari LinkedIn Anda

Sudah jelas bahwa LinkedIn adalah media penting dalam mencari pekerjaan. Kini hampir semua orang menggunakan LinkedIn sebagai profil yang bersifat profesional. Namun jika Anda kurang benar menampilkan jati diri Anda di LinkedIn, peluang Anda untuk dilirik juga semakin kecil. Berikut ini beberapa cara agar profil LinkedIn Anda sesuai dengan harapan perekrut, via Business Insider:

1. Tampilkan fakta

Banyak nasihat yang menyarankan Anda untuk mempersingkat summary, memasukkan berjuta kata-kata yang menarik, dan berbagai pertimbangan lain yang menunjukkan Anda top talent. Memang tata bahasa yang benar selalu penting, namun perekrut tidak melihat LinkedIn Anda untuk memastikan seberapa fasih bahasa Anda saja, tetapi bagaimana Anda bisa menggambarkan pengalaman Anda dengan sebenarnya. Tidak ada gunanya menyembunyikan sesuatu di LinkedIn. Fakta adalah hal yang paling penting untuk mengukur pengalaman kerja dan tujuan karir seseorang. Anda sebaiknya koreksi bagian ini :

– Perusahaan-perusahaan tempat Anda bekerja

– Tanggal Anda bekerja di perusahaan tersebut

– Posisi Anda di perusahaan

– Penjelasan singkat tentang masing-masing pekerjaan Anda

2. Buat Perjalanan Karir Yang Jelas

Pastikan Anda membuat perjalanan karir yang runut dan masuk akal. Sederhananya, usahakan agar perekrut sudah bisa mengetahui pengalaman karir Anda hanya dari penjelasan di baris awal LinkedIn Anda. Dengan begitu perekrut akan melihat profil yang tidak berlebihan dan bisa mewakili perjalanan karir Anda selama ini.

Selain itu, perekrut juga tertarik melihat profil karir yang saling berkesinambungan. Sebaiknya Anda menjelaskan kemana arah tujuan karir Anda saat ini dan ke depannya. Anda dapat memberikan judul atau ringkasan untuk menggambarkan hal itu jika diperlukan.

3. Bangun koneksi Anda

Perekrut ingin melihat siapa saja yang terhubung dengan Anda sampai saat ini. Jika mereka mengetahui seseorang telah mendukung Anda, itu nilai tambah untuk Anda. Sebuah jaringan yang luas bukanlah sesuatu yang dapat Anda bangun dalam waktu semalam, untuk itu tambahlah koneksi Anda sebanyak mungkin.

4. Tunjukkan foto yang profesional

Foto merupakan objek penting dalam pembahasan ini. Karena gambar profil Anda akan menunjukkan kesan yang kuat untuk perekrut. Masukan ini sebaiknya Anda dengar:

– Tampilkan foto Anda sendiri ( foto kebersamaan Anda bersama teman atau keluarga sebaiknya hanya diletakkan di social media lain)

– Gunakan pakaian yang formal dan rapi

– Tunjukkan ekspresi ramah atau senyum yang sederhana, jangan berlebihan.

Rekrutmen secara online semakin aktif dijalankan beberapa perekrut. LinkedIn bisa Anda manfaatkan secara benar dan efektif. Buat perekrut berkesan dengan profil online Anda, terutama LinkedIn, sekarang juga.

Tags: ,