4 Hal yang Dapat Menurunkan Produktivitas Kerja

Permasalahan mengenai produktivitas sangat menarik untuk dibahas. Berbagai macam penelitian yang bertujuan untuk mengukur produktivitas kerja pun kerap kali dilakukan. Hasil penelitian tersebut kemudian menjadi bahan bagi para pelaku bisnis mengenai hal apa yang sekiranya dapat meningkatkan produktivitas kerja dan apa yang dapat menurunkan produktivitas kerja. Seperti yang diketahui bahwa terdapat hal lain yang sekiranya dapat mempengaruhi produktivitas kerja seseorang. Apa sajakah hal tersebut? Kami telah merangkumnya untuk Anda dalam pemaparan di bawah ini.

1. Ruang Kerja

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Herman Miller, firma desain ruang kerja di Amerika, ditemukan bahwa ruang kerja yang buruk dapat menurunkan produktivitas para pekerja. Survey yang dilakukan pada para pekerja di United Arab Emirates (UAE) ini menunjukkan bahwa ruang kerja yang buruk dapat menurunkan motivasi kerja pekerja dan membuat para pekerja lebih memiliih untuk bekerja dari rumah.

Baca juga: Mendongrak produktivitas dengan pengembangan berbasis kekuatan

2. Jam Kerja

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, pekerja yang bekerja lebih dari 50 jam dalam seminggu akan mengalami penurunan produktivitas. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Standford University juga mengungkapkan bahwa pekerja yang waktu tidurnya kurang dari enam jam memiliki produktivitas yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidur lebih dari enam jam. “Semakin sedikit waktu tidur, membuat waktu produktivitas semakin berkurang. Fisik yang lelah akan membuat kognisi seseorang tidak bisa berpikir jernih ataupun bergerak dengan cepat,” ungkap John Pencavel selaku salah satu penelitinya.

3. Stress

Jika Anda merasa stress, maka wajar saja jika produktivitas Anda menurun. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Towers Watson, didapatkan bahwa tingkat stress yang tinggi dapat menurunkan produktivitas. Selain itu tingkat stress yang tinggi juga dapat mempengaruhi engagement pekerja dan tingkat kehadiran pekerja.

4. Jatuh Cinta

Tahukah Anda bahwa jatuh cinta dapat menurunkan produktivitas seseorang. Hal ini diungkapkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Henk van Steenberg dan rekan-rekannya. Menurut Steenbergen, saat jatuh cinta seseorang mempergunakan seluruh kognisinya untuk memikirkan pasanganya. “Mereka (orang yang sedang jatuh cinta) menjadi cepat bosan dan mendadak merasa tidak mampu mengerjakan sesuatu yang membosankan. Sehingga mereka memberikan kinerja yang buruk,” ungkap Steenbergen.

Baca juga: Keuangan karyawan menentukan produktivitas kerja

 

Tags: