4 Gestur yang Membuat Anda Lebih Dipercaya

Sains membuktikan bahwa kepercayaan seseorang individu dapat dilihat dari gestur yang mereka tampilkan. Dr. David DeSteno, selaku professor psikologi di Northeastern University melakukan percobaan seputar gestur yang membuat seseorang dapat dipercaya. Dalam percobaan ini Dr. DeSteno meminta partisipan untuk bermain game yang bisa dimainkan dengan cara bekerja sama ataupun sendirian. Sebagian partisipan memainkannya secara langsung dan sebagian lagi melalui internet. Partisipan yang memainkan game secara langsung kemudian direkam dari tiga angle kamera yang berbeda.

Dalam percobaan tersebut ditemukan bahwa tingkat kerja sama kedua kelompok berada dalam tingkatan yang sama, baik yang memainkan secara langsung ataupun yang memainkan melalui internet. Namun keakuratan untuk memprediksi apakah rekannya dapat dipercaya ataukah tidak leih tinggi pada mereka yang memainkan game secara langsung. Berdasarkan hasil video didapatkan bahwa gestur seperti menyentuh tangan, menyentuh wajah, melipat tangan dan menyandarkan badan merupakan gestur yang membuat partisipan tidak dipercaya oleh rekan satu timnya. Semakin sering gestur tersebut muncul, maka semakin ia tidak dipercaya oleh rekan satu timnya.

Dengan bantuan robot yang bernama Nexi, robot yang didesain oleh Cynthia Brazil di MIT Media Lab, Dr. DeSteno tidak hanya sekedar melihat gestur apa saja yang membuat seseorang tidak dipercaya. Namun juga melihat getsur apa saja yang bisa membuat seseorang dapat dipercaya orang lain. Apa saja gestur tersebut? Simak pemaparannya berikut ini.

Baca juga: 7 Cara Mengurangi Rasa Gugup

1. Aturlah tangan Anda senatural mungkin

Menyentuh tangan Anda sendiri memberikan kesan bahwa Anda terlihat tidak nyaman dan tegang. Sehingga membuat orang lain berpikir bahwa Anda menyembunyikan sesuatu atau tidak jujur, atau Anda kurang percaya diri. Menyatukan tangan Anda juga menunjukkan bahwa Anda menutup diri Anda. Maka dari itu aturlah tangan Anda senatural mungkin.

2. Jauhkan tangan Anda dari wajah Anda

Menyentuh wajah Anda sendiri biasanya adalah gestur yang menunjukkan bahwa Anda sedang berpikir. Biasanya tidak lama kemudian diikuti dengan menyentuh kepala. Namun apa yang Anda pikirkan tidak diketahui oleh orang lain, sehingga hal tersebut membuat Anda terkesan tidak dapat dipercaya. Usahakan untuk tidak menyentuh wajah Anda.

3. Buatlah tangan Anda rileks dan terbuka

Melipat tangan merupakan gestur yang sudah sangat dikenal untuk menutup diri. Melipat tangan di depan dada menunjukkan bahwa Anda menutup perasaan Anda dan tidak terbuka untuk bekerja sama. Letakkan tangan Anda di samping tubuh Anda atau di atas paha Anda. Lakukan serileks mungkin.

4. Majukan badan Anda

Ketika Anda memajukan badan Anda itu artinya Anda memiliki keinginan untuk lebih dekat, lebih ingin terlibat dan ingin mengetahui lebih banyak. Sebaliknya jika Anda menyandarkan badan Anda hal tersebut memberikan kesan bahwa Anda ingin lari dari permasalahan ataupun menghindari kontak dengan orang lain.

Dengan sedikit latihan dan membiasakan diri menampilkan gestur tersebut sepertinya bisa diterapkan dalam kehidupan Anda. Namun tentu saja lakukan dengan jujur bukan hanya sekedar impresi saja.

Baca juga: 4 Gestur yang Harus Dihindari Saat Presentasi

Tags: ,