4 Gestur yang Harus Dihindari Saat Presentasi

Ketika Anda sedang presentasi, bahasa tubuh Anda adalah hal yang penting, karena semua orang akan melihat Anda. Hal ini dikarenakan bahasa tubuh dapat membuat kesan pertama yang dapat menjawab pertanyaan besar pada audiens Anda, “Apakah saya dapat mempercayai dia?”

Sampai saat ini, para peneliti belum menemukan dengan tepat gestur seperti apa yang dapat mengarahkan pada rasa tidak percaya. Namun Dr. David DeSteno, professor psikologi di Northeastern University, menjelaskan mengenai gestur seperti apa yang dapat menjadi indikator apakah seseorang dapat dipercaya ataukah tidak. Untuk mengetahui hal ini, Dr. DeSteno melakukan eksperimen dengan mempergunakan permainan.

Dalam eksperimen Dr. DeSteno, responden diminta untuk memainkan suatu permainan. Permainan ini dapat diselesaikan secara bekerja sama, atau bekerja sendiri. Responden kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok responden memainkan secara langsung dan satu kelompok lainnya melalui internet. Responden yang bermain secara langsung di rekam melalui tiga angle kamera.

Dalam permainan ini, tingkatan kerja sama di antara kedua kelompok memiliki tingkatan yang sama. Namun dari segi komunikasi lebih baik yang bermain secara langsung. Namun keakuratan untuk memprediksi kepercayaan lawan main lebih terlihat pada mereka yang bermain secara langsung.

Baca juga: 20 Perilaku yang Merusak Kepercayaan

Berdasarkan rekaman, peneliti kemudian membuat model yang mengaitkan gestur apa saja yang dapat menjadi indikator apakah seseorang dapat dipercaya ataukah tidak. Gestur-gestur tersebut adalah:

1. Menyentuh tangan

2. Menyentuh wajah sendiri

3. Menyilangkan tangan

4. Menyender pada punggung kursi

Semakin responden menampilkan gestur tersebut, maka semakin kecil kemungkinan ia akan dipercaya. Mengapa begitu? Menurut Dr. DeSteno, menyentuh tangan dapat membuat Anda terlihat gugup, sehingga orang lain akan berpikir bahwa Anda menyembunyikn sesuatu ataupun tidak jujur, atau Anda kurang percaya diri.

Menyentuh wajah Anda sendiri biasanya adalah gestur yang menunjukkan bahwa seseorang sedang berpikir. Tidak lama setelah itu biasanya Anda akan menyentuh kepala Anda. Mungkin gestur ini menandakan bahwa Anda sedang berpikir, namun orang lain melihatnya sebagai tanda bahwa Anda tidak bisa dipercaya.

Menyilangkan tangan adalah salah satu gestur menutup diri yang cukup terkenal. Dengan Anda menyilangkan tangan artinya Anda menutupi diri Anda dan tidak ingin untuk bekerja sama.

Ketika Anda bersandar ke sandaran kursi, Anda bisa terlihat sebagai seseorang yang menghindari kontak dengan orang lain.

Seorang komunikator yang baik biasanya melatih diri mereka untuk menghindari gestur ini. Dengan sedikit latihan, Anda mungkin bisa mengurangi untuk menampilka gestur tersebut ketika berbincang dengan orang lain ataupun ketika sedang presentasi.

Baca juga: Public Speaking Penting bagi Orang HR

Tags: