4 Cara Untuk Jadi Lebih Otentik

Pernahkah Anda bertemu seseorang yang berubah 180 derajat jika berada di lingkungan dan situasi yang berbeda? Ketika sedang berada dalam suatu konferensi ia akan sangat sarkastik dan mudah menghakimi orang lain. Namun ketika diajak berbincang secara personal ia akan sangat ramah dan baik sekali. Atau mungkin, Anda sendiri pernah menjadi seperti itu?

Kenyataannya semua orang pernah melakukan hal tersebut. Hal ini disebabkan karena seorang individu akan merasa kesulitan untuk bersikap dalam situasi yang membuat mereka tidak nyaman dan tidak dirasa familiar. Biasanya seseorang akan merasa takut bahwa diri dia yang sesungguhnya tidak cukup pantas bagi suatu situasi atau merasa takut akan mengalami penolakan. Sehingga daripada menjadi diri sendiri, seseorang akan berusaha menjadi orang lain yang dirasa akan disukai oleh sekitarnya.

Beradaptasi dalam lingkungan yang baru dapat memiliki beberapa keuntungan dan mengubah kepribadian Anda dapat menjadi suatu masalah yang cukup dilematis. Sederhananya, orang lain dapat melihat apakah seseorang benar-benar menjadi dirinya sendiri ataukah tidak. Orang lain dapat melihat apakah seseorang benar-benar jujur, tulus ataukah tidak.

Sebenarnya orang lain pun akan lebih tertarik dengan seseorang yang bisa menjadi dirinya sendiri. Selain itu hal tersebut juga dapat membuat diri Anda lebih nyaman, aman dan dihargai orang lain. Namun terkadang tanpa Anda sadari, Anda ingin menjadi seseorang yang ingin disukai orang lain. Terdapat beberapa teknik yang bisa dicoba agar bisa menjadi lebih otentik. Apa sajakah hal tersebut?

Baca juga: Tanyakan 6 pertanyaan ini pada diri Anda sendiri

1. Tahu betul diri Anda sendiri

Mulai dengan mengobservasi diri Anda sendiri. Ketika Anda bertemu dengan orang baru, terlibat dalam suatu meeting dan menghabiskan waktu dengan rekan kerja, ketahuilah apa yang Anda rasakan dalam setiap situasinya. Dalam situasi mana Anda merasa paling nyaman? Dalam situasi mana Anda mencoba untuk menjadi orang lain yang bukan Anda? Pelajari dan ketahuilah lebih dalam bagaimana diri Anda sebenarnya.

2. Cari tahu kaitan Anda dengan lingkungan

Pada dasarnya setiap manusia memiliki kesamaan satu sama lain. Cari tahu apa kesamaan yang Anda miliki dengan orang-orang di sekitar Anda. Dengan mencari kesamaan antara diri Anda dengan orang lain, maka Anda akan lebih merasa nyaman untuk menjadi diri Anda sendiri.

3. Jangan mematok kesempurnaan

Nobody’s perfect and you know that. Jika Anda mencoba untuk menjadi seseorang yang sempurna maka Anda sudah tidak jujur dengan diri Anda sendiri. Hadapilah ketidak- sempurnaan dalam diri Anda. Siapa tahu ketidaksempurnaan diri Anda dapat mengarahkan Anda pada hal yang lebih baik.

4. Fokus

Ketika berbincang dengan seseorang, Anda malah sibuk dengan pikiran Anda sendiri. Memikirkan bagaimana cara menjawabnya agar terlihat baik. Sialnya orang itu menyadari bahwa Anda tidak memperhatikannya. Orang lain dapat merasakan, mana orang yang benar-benar mendengarkan dan mana yang tidak. Cobalah untuk fokus dalam perbincangan yang sedang dilakukan. Biarkanlah jawaban mengalir dari mulut Anda secara natural. Jadilah pendengar yang aktif dan berikan perhatian penuh. Benar-benar hadir secara jiwa dan raga pada suatu perbincangan merupakan salah satu cara yang efektif untuk menjadi diri Anda sendiri.

Baca juga: 2015 adalah tahun perubahan, mari mulai dari diri sendiri

Tags: ,