4 Cara Meningkatkan Semangat Karyawan

Mengingat persaingan talent yang semakin ketat, perusahaan perlu menjaga karyawannya untuk tetap terus termotivasi. Tunjangan hari raya, asuransi kesehatan karyawan dan bonus akhir tahun seharusnya sudah menjadi hal yang tak perlu dibahas. Perusahaan yang sudah stabil keuangannya pasti sudah menyediakan compliment dasar tersebut. Namun tidak hanya kebutuhan finansial yang dibutuhkan karyawan, perusahaan juga perlu mengetahui bagaimana membuat karyawannya tetap mempunyai spirit yang tinggi.

Berikut ini cara-cara untuk ‘mengikat’ karyawan Anda yang diambil dari buku Work Happy: What Great Bosses Know karya Jill Geisler:

1. Kenali kekuatan karyawan Anda

Manajer yang baik akan mengetahui kelebihan karyawannya. Berikan kesempatan kepada mereka untuk bekerja dengan kekuatan yang mereka miliki. Hal ini penting untuk membuat mereka memiliki rasa puas ketika berhasil menyelesaikan pekerjaannya.

Ronna Coe seorang chairman Coastal Componet Industries (CCI) di California mengaku sangat mengandalkan kekuatan karyawannya. “Kami berharap banyak dari karyawan kami, dan kami sangat bergantung pada usaha terbaik mereka setiap hari,” ujar Coe.

Coe juga menegaskan bahwa memberikan feedback akan mendorong semangat karyawan. “Kami berusaha untuk selalu berterima kasih kepada karyawan untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik seraya memenuhi target dan harapan kami,” ujar Coe.

2. Fleksibel dengan jadwal

Memberikan keluwesan kepada waktu kerja ternyata membuat karyawan akan bekerja lebih baik. Meskipun kontrol tetap dijalankan berdasarkan target masing-masing pekerja.

Flexitime coba ditawarkan Coe kepada wakil direkturnya, Diana Romero. “Jadwal saya memang fleksibel yaitu 4 hari seminggu. Hal itu memungkinkan saya untuk bisa mengurus cucu dan mempunyai waktu pribadi,” ujar Romero.

“Kebijakan itu benar-benar memotivasi saya untuk melakukan yang pekerjaan sebaik mungkin. Karena saya merasa dihargai dan itu membuat saya tetap setia kepada perusahaan,” lanjut Romero.

3. Berikan karyawan sense of purpose

Gaji tinggi bukan kunci utama untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Buatlah karyawan merasa aman dengan masa depan karir mereka. Untuk itu manajer harus mengetahui tujuan karyawan untuk beberapa tahun ke depan, dengan mengenal apa target karir mereka di perusahaan. Dengan begitu, karyawan akan merasa dilibatkan dan dihargai oleh atasannya. Dan Anda akan mendapatkan usaha yang terbaik dari mereka.

4. Beritahu kemajuan perusahaan

Setiap karyawan ingin mengetahui perkembangan perusahaan tempat mereka bekerja. Manajer yang baik akan konsisten untuk menyampaikan apa saja target perusahaan yang telah terpenuhi. Hal itu penting untuk menjaga semangat karyawan saat mereka bekerja.

Menurut Coe setidaknya sekali dalam setahun dirinya bertemu dengan karyawan untuk membahas pembagian profit. “Kami membahas keuangan bersama-sama dan mereka merasa dihargai dengan perhatian itu. Mereka mengakui betapa berharganya hal itu ketika perusahaan berjalan bersama kemajuan karyawannya,” ujar Coe.

Menjaga karyawan tetap bahagia dan produktif memang bukan tugas yang mudah. Tetapi bisnis Anda pasti akan mendapatkan keuntungan ketika Anda menggabungkan strategi-strategi pintar untuk menciptakan motivasi di tempat bekerja.