10 Cara Menunjukkan Apresiasi kepada Karyawan

Anda bisa mengungkapkan apreasiasi dan penghargaan bagi teman sejawat, partner kerja atau karyawan kapan saja. Memberikan penghargaan tidak harus menunggu moment yang tepat atau dengan perayaan tertentu dalam kalender organisasi. Meskipun disampaikan bukan pada hari yang special, penghargaan tersebut mungkin saja membuat orang merasa dihargai sepanjang tahun. Dikutip dari about.com, berikut adalah sepuluh cara yang dapat kita lakukan untuk menunjukkan apresiasi kita terhadap karyawan.

– Berikan pujian dalam bentuk apapun ketika karyawan melakukan tugas dengan baik. Identifikasi juga dengan spesifik hal apa yang membuat Anda mengagumi karyawan tersebut.

– Jangan lupa mengucapkan “terima kasih” jika karyawan telah selesai melakukan tugasnya. Perlu juga ketika kita menyuruhnya, diawali dengan kata “tolong” sehingga terkesan sopan. Lingkungan kerja yang mengedepankan kesopanan akan lebih diapresiasi karyawan.

– Pada kesempatan tertentu, kita bisa bertanya-tanya tentang keluarga,hobi, aktivitas di saat week-end atau acara-acara penting yang mereka hadiri.

– Jika memungkinkan, tawarkan waktu liburan yang fleksibel bagi karyawan. Jika workload-nya padat dan krusial, kita bisa menerbitkan kalender perusahaan sehingga karyawan dapat menyesuaikan waktu liburan mereka.

– Ketahui apa barang kesukaan karyawan. Pada kesempatan tertentu kita bisa memberikan hadiah kecil yang bermakna bagi karyawan.

– Berilah karyawan uang, jika kita mampu. Uang bisa diberikan sebagai bonus akhir tahun, bonus kehadiran dan bonus per kuarter. Uang bisa menjadi cara yang manis untuk berterima kasih kepada karyawan.

– Setiap orang menyukai makanan. Sekali-kali untuk merayakan ulang tahunnya, atau bahkan tanpa alasan sama sekali, ajak mereka makan di restoran dan biarkan mereka memilih restoran yang mereka sukai.

– Ciptakan sebuah tradisi yang “fun” di perusahaan. Misalnya dengan bertukar kado antar divisi, atau saling mentraktir di hari tertentu atau tradisi-tradisi menarik lainnya.

– Bawakan karyawan donat atau kue-kue dan makanan lain untuk menaikkan mood mereka. Terlebih lagi kue buatan sendiri, hal tersebut akan menjadi cara yang menjanjikan untuk menunjukkan penghargaan kepada karyawan.

– Terakhir,  berikan peluang bagi karyawan. Bentuk peluang bisa bermacam-macam, mulai dari training, diikutkan untuk menjadi panitia dalam program kantor dan bahkan kesempatan untuk kenaikan jabatan.

Selain 10 cara di atas, masih banyak cara untuk menunjukkan apresiasi kepada karyawan. Kuncinya adalah gunakan imajinasi untuk bisa membahagiakan karyawan dengan membuatnya merasa dihargai bekerja di perusahaan kita.

Tags: ,