3 Tips untuk Membentuk Kebiasaan Baik

Habits

Mempertahankan kebiasaan, terutama kebiasaan yang baik, memang bukan hal yang mudah. Tidak ada kebiasaan yang terbentuk dalam waktu semalam. Dibutuhkan waktu dan usaha untuk membuat hal baik menjadi kebiasaan.

Berikut ini adalah 3 (tiga) tips untuk membentuk kebiasaan seperti yang dikutip dari Entrepreneur.com.

Habits

  1. Buatlah Action Plan yang Spesifik

Membuat hal baik menjadi kebiasaan memang dibutuhkan rencana. Pertama-tama susunlah apa saja yang ingin Anda jadikan kebiasaan. Kemudian buatlah action plan untuk mendukung hal yang ingin Anda jadikan kebiasaan. Misalnya, Anda ingin memiliki kebiasaan hidup sehat. Apa saja yang mendukung kebiasaan hidup sehat? Misalnya olahraga 30 menit setiap harinya, tidak makan makanan yang digoreng dan lebih memilih naik tangga daripada lift.

  1. Hati-hati dengan Rintangan

Pasti akan banyak rintangan yang membuat tujuan utama Anda sulit diraih. Tugas Anda adalah membuat rencana lain agar tujuan Anda tetap tercapai. Misalnya, saat Anda ingin berolahraga namun ternyata rekan kerja ataupun keluarga mengajak Anda pergi. Anda bisa membayar olahraga yang terlewat tersebut di hari yang berikutnya.

  1. Bertahanlah dengan Kebiasaan Tersebut

Katanya, kebiasaan akan terbentuk jika dilakukan terus menerus selama 30 hari. Jika Anda melewatkannya satu hari saja, maka Anda harus mengulang lagi hingga tercapai 30 hari tanpa putus. Toh begitu, tidak ada yang menjamin bahwa kebiasaan baru akan terbentuk dalam 30 hari.

Menurut Heidi Grant Halvorson, psikolog dan penulis buku Succeed: How We Can Reach Our Goals, waktu yang dibutuhkan untuk membentuk kebiasaan bergantung pada 3 (tiga) faktor, yaitu:

1) seberapa sulit kebiasaan tersebut untuk dilakukan,

2) seberapa sering kebiasaan tersebut dilakukan, dan

3) seberapa besar kebiasaan tersebut bertolak belakang dengan kebiasaan Anda saat ini.

Membentuk kebiasaan baru layaknya menyetrika baju kusut, harus terus disetrika agar tetap licin. Kebiasaan baik memang harus dibiasakan. Siapa tahu kebiasaan baik yang Anda lakukan dapat tertular ke orang-orang di sekitar Anda dan mereka pun ikut memiliki kebiasaan yang baik. (*)