3 Tips untuk Jadi Super Mom

Stress, merasa bersalah dan gelisah kerap dirasakan oleh ibu-ibu yang bekerja. Terlebih jika ibu bekerja full time dan terpaksa menitipkan anaknya dengan seorang perawat. Seperti dilansir dari She Knows, 99% ibu yang bekerja mengatakan jadwal kerja di kantor dan rumah membuat mereka stres.

Rasa bersalah tadi merupakan hal yang wajar karena susahnya mengelola perasaan ibu. Namun ada 3 tips yang mungkin bisa Anda terapkan untuk meringankan stres Anda dalam bekerja, yang dilansir dari She Knows:

1. Bagilah Tugas Anda

Kini seorang Ayah adalah partner yang bisa dimanfaatkan dalam urusan berkeluarga. Sebuah studi terbaru dari Families & Work Institute menemukan bahwa Ayah telah menghabiskan kurang dari 1 jam per hari dengan anak mereka daripada Ayah 25 tahun yang lalu. Partisipasi Ayah sangat dibutuhkan terlebih jika anak sakit atau ada pertemuan orang tua di sekolah. Jadi jangan ragu untuk membagi beban dan tanggung jawab mengurusi anak dengan pasangan Anda. Hal ini juga akan menambah keharmonisan rumah tangga Anda dan komunikasi yang baik antar anggota keluarga.

2. Buatlah Jadwal yang Fleksibel

Jika Anda merasa sangat stres dan sulit melakukan tugas-tugas Anda dalam pekerjaan, berbicaralah dengan atasan Anda tentang hal ini. Anda bisa meminta bekerja selama 4 hari dan libur di hari Jumat. Bukan bertujuan untuk meliburkan diri Anda, hanya untuk menyeimbangkan karir dan anak-anak. Namun jika jadwal yang fleksibel belum bisa Anda dapatkan, atur satu hari dalam sepekan, misalnya hari minggu untuk fokus hanya kepada keluarga Anda. Itu berarti mematikan semua gadget yang terhubung dengan pekerjaan, seperti laptop, ponsel, email dan saatnya Anda menikmati bermain bersama anak-anak.

Kebersamaan bersama mereka akan mengisi ulang baterai tenaga Anda hingga Anda dapat kembali bekerja dengan segar dan bahagia.

3. Yakinlah dengan Tujuan Hidup Anda

Apakah Anda pernah merasakan saat Anda di kantor namun pikiran Anda di rumah?, dan saat Anda di rumah pun Anda malah terpikir beberapa pekerjaan yang belum selesai. Hal itu dibenarkan oleh Dr. Leon Hoffman, director dari Pacella Parent Child Center, menurutnya menjadi seorang ibu memang bukan pekerjaan yang mudah. Namun jika Anda memiliki pandangan yang kuat tentang situasi Anda saat ini (mengapa Anda bekerja- dan mengalami hal ini) Anda bisa mendapatkan ketenangan. Dengan menerima kondisi Anda saat ini dan mengetahui apa yang harus Anda lakukan, Anda akan membuang rasa bersalah itu secara berkala. Dan perasaan gundah pun lama-lama akan hilang.

Yakinlah Anda bisa sukses dalam 2 fase tersebut, menjadi ibu sekaligus wanita karir. Mungkin bukan hal yang mudah, namun beberapa ibu sudah membuktikannya. Selamat menjadi Supermom yang diidam-idamkan!

Tags: ,