3 Tips dari Si Super Produktif

clock-tower-241939_640

Terdapat beberapa orang yang super produktif. Meskipun kasus tersebut jarang sekali terjadi, namun tetap saja ada orang yang merasa hidupnya sangat mudah. Padahal semua orang memiliki waktu yang sama setiap harinya, yakni 24 jam.

Namun bagi orang-orang yang super produktif, waktu tersebut dapat ia manfaatkan dengan baik sehingga tidak merasa kekurangan. Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah menurut Anda 24 jam cukup bagi Anda?

clock-tower-241939_640

Menurut Thomas Alva Edison, “Time is really the only capital that any human being has, and the only thing he can’t afford to lose.” Uang, kesehatan, penampilan dapat datang dan pergi. Namun tidak dengan waktu. Lalu bagaimana kita memanfaatkan waktu sehingga tidak merasa terbuang? Marilah kita lihat kebiasaan orang-orang yang super produktif. Siapa tahu bisa Anda curi.

1. Mereka memiliki satu pilihan

Seseorang yang super produktif tidak memiliki email dan panggilan yang tak terhitung untuk di balas. Setiap ada pesan masuk, hanya ada satu hal yang terjadi dari tiga kemungkinan berikut. Pertama, pesan yang masuk dianggap sangat penting sehingga mereka harus membalasnya sendiri. Kedua, pesan yang masuk dianggap penting namun tidak terlalu menarik perhatian, dan mereka cukup mendelegasikannya pada orang lain untuk membalasnya. Ketiga, pesan yang masuk dianggap tidak penting sehingga bisa saja langsung dihapus. Perlu Anda ingat bahwa seseorang yang super produktif tidak membutuhkan banyak waktu untuk memutuskan suatu hal.

2. Mereka berkata ‘Tidak’

Mereka berkata ‘Tidak’ dan sangat-sangat memaknai hal tersebut. Orang-orang yang super produktif akan sangat pemilih dalam memutuskan apa yang akan mereka lakukan. Sekali keputusan dibuat, ia akan benar-benar mereka lakukan dengan maksimal. Sama halnya dengan berkata ‘Tidak’. Bagi mereka ‘Tidak’ artinya tidak ada diskusi dan tidak ada keragu-raguan. Mereka memahami pentingnya waktu sehingga mereka tahu bahwa tidak semua hal harus diiyakan.

3. Mereka tidak multitasking

Buanglah pikiran jauh-jauh bahwa mereka yang super produktif adalah mereka yang mampu mengerjakan empat hal bersamaan dalam satu waktu. Mereka yang super produktif adalah mereka yang mengerjakan satu hal dan fokus untuk menyelesaikannya sampai selesai. Multitasking adalah hal yang paling dihindari oleh mereka. Hal ini dikarenakan mereka tidak akan maksimal dalam menyelesaikannya dan akan mengulanginya lagi jika dianggap belum sempurna. Dari pada membuang waktu mengerjakan hal yang sama, lebih baik mengerjakan satu per satu.

Tips di atas bisa Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dampaknya tentu saja memberikan Anda waktu lebih banyak. Lebih banyak waktu artinya lebih santai dalam mengerjakan suatu hal, lebih banyak waktu untuk menarik nafas sehingga mengurangi tingkat stress. Sekarang tinggal Anda yang memilih. Lakukan, pelajari dan rasakan dampaknya bagi diri Anda. (*)