3 Tips Berhemat Sampai Gajian Bulan Ini

Banyak di antara kita yang menerima gaji lebih awal pada bulan Desember yang lalu. Selain itu banyaknya pengeluaran yang Anda lakukan untuk menikmati tahun baru bersama keluarga ataupun orang terkasih, membuat Anda mengharapkan gaji bulan Januari datang lebih cepat. Career Savvy memberikan tips bagi Anda bagaimana caranya berhemat sampai waktunya gajian untuk bulan Januari. Apa sajakah itu?

Membuat Strategi Pengeluaran

Berdasarkan survey terbaru ditemukan bahwa rata-rata para pekerja menghabiskan 50% dari gaji mereka setelah mereka mendapatkannya. Meskipun uang tersebut sebagian besar dihabiskan untuk membayar tagihan dan sewaan, namun tetap saja perasaan bersalah akan tetap muncul. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan meminta slip pra-pembayaran gaji Anda untuk bulan Januari. Dengan meminta slip pembayaran gaji tersebut, setidaknya Anda bisa membuat strategi untuk pengeluaran Anda sebelum mendapatkan gaji untuk bulan Januari.

Baca juga: 35% Pekerja minta naik gaji

Membuat Daftar Pengeluaran

Buatlah daftar pengeluaran Anda setiap harinya. Dengan membuat daftar ini Anda bisa melihat sudah sebanyak apa uang yang Anda keluarkan dan berapa yang masih tersisa.  Anda juga bisa melihat pada bagian mana uang Anda terlalu banyak dihabiskan. Misalnya jika Anda menghabiskan uang cukup banyak untuk makan siang, setidaknya Anda bisa berhemat dengan membawa bekal dari rumah atau membeli makanan yang lebih terjangkau.

Saling Mendukung Satu Sama Lain

Bukan Anda sendiri saja yang kesulitan mengatur uang sampai akhirnya waktu gajian bulan Januari datang. Career Savvy menulis bahwa hampir 61% pekerja di Inggris juga mengalami hal yang sama. Sehingga mungkin saja rekan Anda pun juga bernasib sama dengan Anda. Anda bisa saling mendukung satu sama lain, misalnya dengan janjian membawa bekal atau mengganti tempat hangout malam Jumat Anda dengan harga yang lebih terjangkau.

Baca juga: Ingin kenaikan gaji, mintalah!

Tags: ,