3 Keuntungan Menjauhkan Diri dari Ponsel ataupun Gadget

Pernahkah Anda mencoba untuk ‘mengistirahatkan’ gadget Anda? Hal inilah yang dilakukan oleh Aja Frost, salah satu kontributor The Muse. Frost memutuskan untuk ‘mengistirahatkan’ gadgetnya selama satu minggu setelah memperhatikan seorang rekan kerjanya yang bernama Allen.

Frost memperhatikan bahwa ia tidak pernah melihat Allen mempergunakan ponselnya. Setelah dicari tahu, ternyata Allen memiliki peraturan no-phones-around-others yang selalu ia taati.

Peraturan ini membuat Allen terlihat sangat terlibat dalam setiap perbincangan yang ia lakukan, entah itu dengan klien, boss ataupun kolega lainnya. Melihat hal tersebut, Frost memutuskan untuk melakukan hal yang sama. Lalu apa yang terjadi dengan Frost?

1. Orang lain melakukan hal yang sama

Pada suatu kesempatan Frost diharuskan untuk menyelesaikan proyek yang sangat penting bersama seorang rekannya. Selama empat jam mereka menyelesaikan pekerjaan tersebut tanpa mengecek ponsel masing-masing. Padahal menurut Frost, rekan kerjanya tersebut adalah pengguna social media yang cukup aktif. Ia sendiri pun terkejut melihatnya.

Dampak ini tidak hanya terjadi saat itu, namun juga pada kesempatan lain. Ketika orang lain mengeluarkan gadget masing-masing dan ia tidak mengeluarkannya, mereka malah cenderung menyimpan gadget mereka kembali. Selain itu mereka juga jarang untuk melihat gadget mereka.

Sangat tidak disangka bahwa proyeknya bisa selesai jauh lebih cepat dari yang diharapkan. Hal ini dikarenakan mereka tidak terinterupsi dengan gadget mereka dan mampu mengontrol alur kerja mereka. Satu hal yang bisa Anda pelajari, menjauhkan gadget ataupun ponsel Anda membuat orang lain juga menjadi efisien.

Baca juga: Melamar Kerja Melalui Ponsel

2. Orang lain lebih banyak berbincang secara langsung

Biasanya ketika butuh orang lain Anda akan langsung menghubungi orang tersebut, entah melalui pesan singkat ataupun panggilan telepon. Namun dengan menyimpan gadget ataupun ponsel Anda, ketika Anda butuh orang lain Anda akan mencari orang tersebut. Hal inilah yang dirasakan Frost. Ia terlibat perbincangan lebih sering dengan rekan kerjanya dan merasa lebih terlibat dalam pembicaraan yang terjadi. Hal yang sangat ia rasakan bahwa rekan kerjanya tidak hanya sekedar basa-basi saja, namun lebih terlibat dalam pembicaraan yang seru. Hal lain yang bisa Anda pelajari adalah, menjauhkan gadget ataupun ponsel Anda dapat membuat orang lain lebih dihargai.

3. Orang lain lebih mempercayai Anda

Berdasarkan riset terbaru ditemukan bahwa mempergunakan ponsel atau gadget Anda saat bersama orang lain membuat diri Anda terlihat kurang meyakinkan dan kurang bisa dipercaya. Sehingga meletakkan ponsel atau gadget Anda jauh-jauh dapat membuat relasi Anda dengan orang lain lebih baik.

Mungkin untuk benar-benar menjauhkan diri Anda dari ponsel ataupun gadget adalah hal yang sangat sulit. Namun Frost memberikan beberapa tips sederhanya untuk Anda. Apa sajakah itu?

– Mematikan ponsel atau gadget saat bersama orang lain

– Menaruh ponsel atau gadget di tas, bukan di kantong

– Mengingatkan diri Anda sendiri betapa pentingnya membangun relasi secara langsung dengan orang lain

– Jika ada seseorang yang membutuhkan Anda, beritahukanlah bahwa Anda sedang tidak dapat dihubungi selama beberapa saat

– Jika ada hal yang sangat penting, lebih baik Anda keluar ruangan atau ke toilet untuk mengecek ponsel atau gadget Anda.

Baca juga: Skill Karyawan Tetap Yang Utama, Bukan Gadget

Tags: ,