3 Kebiasaan yang Tingkatkan Produktivitas

Anda mungkin kerap kali disibukkan berbagai macam aktivitas di kantor. Laporan ini itu, meeting ke sana ke mari, bertemu klien di sana sini dan sebagainya, Adakalanya Anda merasa bahwa tidak semuanya bisa Anda kerjakan pada saat yang bersamaan dan Anda merasa bahwa waktu 24 jam tidak cukup bagi diri Anda.

Ketika Anda sudah berpikir seperti itu, mungkin sekarang saatnya Anda memulai mengatur waktu Anda. Diperlukan beberapa perubahan kecil untuk memperbaiki cara Anda mengatur waktu, bagaimana caranya? The Muse memberikan pemaparannya untuk Anda.

1. Tahu bagaimana caranya mempergunakan To-Do-List

Mungkin Anda tipe orang yang mudah mengingat apa saja yang perlu Anda lakukan. Namun ketika Anda disibukkan oleh kegiatan lain, tanpa Anda sadari Anda mulai melupakan hal lain. Salah satu cara memperbaikinya adalah dengan mempergunakan To-Do-List.  Cara kerjanya adalah dengan menuliskan hal apa saja yang perlu Anda lakukan pada hari itu dan memberikan tanda checklist setelah tugas tersebut terselesaikan.  Namun pada awalnya, pasti Anda akan menuliskan segala hal yang bisa Anda kerjakan pada hari itu lalu menjadi tertekan karena pada sore hari hanya beberapa tugas yang baru Anda selesaikan. Solusinya adalah dengan melakukan manajemen prioritas.

Baca juga: 5 Cara tingkatkan produktivitas dengan telecommuting

Prioritaskan tugas apa yang perlu Anda kerjakan pada hari itu. Lalu bagi lah dalam beberapa bagian. Ada tugas yang sifatnya bisa diselesaikan pada hari itu, minggu itu, ataupun bulan itu. Pisahkanlah tugas-tugas tersebut. Sehingga Anda bisa melihat mana tugas yang perlu Anda selesaikan saat ini juga dan mana yang bisa diselesaikan nanti.

2. Mengetahui waktu tidak produktif Anda

Anda mungkin mengetahui kapan waktu Anda produktif bekerja, namun Anda juga perlu mengetahui kapan Anda tidak produktif untuk bekerja. Bagaimana caranya? Sederhananya, lakukanlah pekerjaan Anda seperti biasa. Namun ketika Anda mulai melakukan hal lain selain pekerjaan Anda, seperti browsing berita terkini, atau hal apapun yang Anda lakukan yang membuat Anda teralih dari pekerjaan Anda, catatlah waktunya. Jika Anda mulai efektif bekerja pada pukul 11 dan mulai mencari cemilan pada pukul 13 dan kembali bekerja pukul 14, maka waktu tidak produktif Anda adalah dua jam setelah waktu produktif Anda. Hal ini membantu Anda untuk memaksimalkan waktu produktif Anda untuk bekerja.

3. Mengatur waktu tidur Anda

Mengatur waktu tidur sangat penting bagi Anda untuk menjaga produktivitas di kantor. Jika Anda tidur hanya empat atau lima jam setiap harinya, maka jangan heran jika Anda kerap kali terkantuk di kantor. Perhatikanlah waktu tidur Anda. Waktu tidur yang ideal adalah sekitar enam sampai delapan jam. Meskipun semakin banyak tidur artinya semakin waktu terbuang untuk mengerjakan hal lain, namun Anda tetap harus memperhatikan tubuh Anda. Tidur adalah salah satu aktifitas untuk mengisi ulang energi Anda. Jika Anda ingin produktif keesokan harinya maka Anda perlu mengisi ulang energi Anda.

Baca juga: Tips agar stress tidak mempengaruhi produktivitas Anda

Tags: