25 Cara Mendekat Pada Karir Impian

road-sign-798176_640

Dalam menjalani perjalanan karir, di antara kita mungkin pernah merasa telah salah memilih pekerjaan. Setiap bangun tidur, kita bertanya-tanya, “Apa yang saya lakukan di sini. Saya tidak menginginkan pekerjaan seperti ini.”

road-sign-798176_640

Kondisi tersebut kemudian membuat kita berpikir untuk bertransformasi profesi. Mencari pekerjaan yang membuat hidup lebih bermakna dan juga menimbulkan kepuasan batin. Namun, hal ini tentunya tidak mudah. Butuh keyakinan dan keteguhan untuk dapat menaklukan tantangan menggapai karir atau cita-cita baru.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dicoba apabila Anda ingin merapat lebih dekat pada mimpi Anda, seperti dilansir dari mashable.com.

1) Baca profil atau dengarkan podcast tentang seseorang yang sukses pada pekerjaan yang Anda anggap menarik.

2) Bisa juga Anda mendengarkan cerita inspiratif tentang kesuksesan orang-orang yang pernah melakukan transformasi karir secara drastis dan berhasil.

3) Membeli buku-buku atau bacaan yang berhubungan dengan karir, baik itu terbitan internasional maupun dalam negeri.

4) Pelajari setidaknya 5 orang yang memiliki profesi impian Anda di LinkedIn. Namun, hal ini bukan berarti justru untuk menurunkan motivasi. Misalnya saat Anda membaca bahwa orang tersebut berpengalaman kerja sepuluh tahun. Anda lantas jangan berkecil hati. Sebaliknya, Anda dapat mengidentifikasi skill atau keterampilan apa yang harus Anda miliki dan kemudian mulai mendalaminya.

5) Registrasi pada online class atau kursus di internet yang saat ini sudah sangat marak dan bahkan gratis. Beberapa situs yang dapat dicoba misalnya Udemy, CreativeLive, Coursera, duolingo, dan masih banyak lagi.

6) Kelola networking dengan mendata kontak relasi Anda dengan rapih. Pastikan bahwa Anda masih bisa menghubungi mereka.

7) Setelah Anda mendaftar orang-orang yang Anda kenal, seleksi lagi beberapa orang di antara mereka yang dapat Anda jadikan sebagai mentor atau penasihat karir. Setelah itu, atur jadwal bertemu untuk mengobrol dan mendapatkan gambaran tentang profesi yang Anda inginkan.

8) Coba berkenalan dengan orang yang benar-benar baru, kemudian wawancara mereka untuk mendapatkan informasi-informasi yang Anda perlukan untuk menggapai karir Anda.

9) Pilih satu perusahaan yang selalu Anda lihat sebagai perusahaan impian, kemudian sempatkan waktu untuk menggali informasi tentang perusahaan tersebut. Terutama, mengenai bagaimana situasi, nilai dan kemampuan yang dimiliki untuk bekerja di perusahaan tersebut.

10) Kemudian, buat daftar mengenai perusahaan-perusahaan yang telah Anda amati tersebut dan analisis apa saja yang telah Anda pelajari.

11) Buat akun Twitter dan follow setidaknya 10 orang yang memiliki karir seperti yang Anda mimpikan.

12) Bergabung dengan grup LinkedIn yang berhubungan dengan industri yang ingin Anda masuki.

13) Berlangganan di email tentang newsletter atau pemberitaan tentang industri yang ingin Anda masuki agar selalu mendapatkan informasi up-to-date.

14) Coba buat daftar mengenai 3 keterampilan yang bisa Anda transfer ke pekerjaan baru jika memang Anda berniat untuk mengubah haluan karir secara drastis. Namun perlu diingat bahwa keterampilan seperti komunikasi dan management bisa saja berguna untuk semua bidang dan tentunya Anda bisa menyantumkannya di CV. Jadi, lebih baik Anda fokus untuk menuliskan bio dalam CV Anda seperti langkah selanjutnya, nomor 15 di bawah.

15) Menulis bio dengan menitikberatkan pada apa yang ingin Anda lakukan daripada apa yang saat ini sedang lakukan.

16) Berlatih membuat “elevator pitch” atau ringkasan tentang diri Anda yang dapat meningkatkan nilai jual Anda. Bisa juga disebut sebagi value preposition.

17) Lebih simpel lagi, tulislah tagline tentang tujuan karir Anda di Twitter maupun akun media sosial Anda lainnya.

18) Ceritakan rencana Anda untuk bertransformasi dalam karir kepada setidaknya 3 orang yang Anda temui. Bisa yang sudah Anda kenal lama maupun baru mengenal. Sampaikan juga bahwa Anda masih belum yakin kapan rencana tersebut akan dijalankan. Berikan ruang untuk bertanya sehingga Anda dapat mengeluarkan ide, pemikiran dan membuang keragu-raguan Anda.

19) Buatlah papan visi dan manifestasinya terhadap karir, kemudian letakkan di tempat yang Anda dapat melihatnya dengan jelas. Hal ini membantu Anda untuk tetap merasa terinspirasi.

20) Beli buku diary atau jurnal, kemudian tulis ide-ide, mimpi, tujuan hidup dan bahkan ketakutan Anda.

21) Datang ke acara-acara pertemuan, konferensi dan acara-acara professional.

22) Katakan “ya” ketika diundang ke acara-acara pesta, gathering atau komunitas serta acara apapun yang sebelumnya tidak Anda datangi.

23) Kenali satu atau dua project dalam pekerjaan Anda yang sekarang, yang mengarahkan Anda pada mimpi yang sedang Anda bangun. Kerahkan segala kemampuan dan lakukan yang terbaik untuk mendapatkan hasil kerja yang optimal.

24) Pikirkan sumber daya yang Anda perlukan apabila Anda ingin mengubah karir. Misalnya jika pekerjaan baru Anda membutuhkan Anda harus mengambil jeda dari aktivitas Anda yang sekarang, maka berpikirlah untuk menabung. Misalnya Anda perlu menambah kemampuan dengan berkursus atau mengikuti pelatihan dan mengurusi persoalan lainnya.

25) Buatlah skenario tentang bagaimana membangun karir impian Anda tersebut. Perlu diingat bahwa yang perlu dicatat bukan hanya garis besar, tetapi hal-hal yang lebih detil. Tulis langkah-langkah baik besar maupun kecil secara gamblang. Hal ini akan membantu Anda untuk tidak terjebak pada kebingungan tentang apa yang harus dilakukan. (*)