10 Tips untuk Memulai Hari

run-750466_640

Tidak menjadi morning people bukan berarti Anda tidak bisa menikmati pagi hari Anda. Cahaya matahari dan udara pagi yang masih segar bisa menjadi ‘makanan’ setiap pagi Anda untuk memulai hari. Di bawah ini ada 10 tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat pagi Anda lebih produktif. Apa saja tips tersebut? Simak pemaparannya berikut ini.

run-750466_640

1. Melakukan stretching

Jika Anda bangun dengan terburu-buru, maka Anda tidak akan sempat merenggangkan badan Anda. Cobalah bangun lebih awal dan renggangkan badan Anda. Hal ini dapat bekerja pada anak-anak yang membutuhkan waktu tidur lebih lama dari orang dewasa. Jika anak-anak melakukannya, maka Anda pun juga harus melakukannya.

2. Mengkonsumsi protein

Sereal biasanya adalah menu sarapan yang dikonsumsi orang banyak. Namun ternyata untuk membuat Anda lebih kenyang, Anda bisa mengkonsumsi telur. Tubuh Anda akan bekerja lebih keras untuk mencernanya, membuat Anda tidak mengantuk tentu saja, dan memberikan energi yang Anda butuhkan hingga coffee break.

Baca juga: 5 Langkah Membuat Pagi Hari Lebih Produktif

3. Siapkan segalanya pada malam hari

Menyiapkan waktu beberapa menit sebelum tidur untuk menyiapkan perlengkapan Anda keesokan harinya akan menyimpan waktu Anda pada pagi harinya. Sebelum tidur, persiapkan baju yang akan Anda kenakan besok dan buatlah to-do-list singkat apa saja yang Anda kerjakan keesokan harinya.

4. Berikan jalan untuk sinar matahari

Cahaya matahari ataupun cahaya lampu secara otomatis akan mengirim sinyal pada otak untuk bangun dan berhenti memproduksi melatonin, yakni hormon yang berperan dalam memunculkan rasa kantuk. Berikanlah kesempatan pada cahaya matahari untuk masuk ke kamar Anda agar Anda dapat terbangun tanpa mempergunakan alarm.

5. Berolahragalah!

Berolahraga dapat membuat Anda lebih sehat, kuat dan memperpanjang umur Anda. Hampir kebanyakan dokter dan praktisi kesehatan akan merekomndasikan Anda untuk berolahraga secara rutin. Anda bisa mencoba untuk berolahraga selama 10-20 menit sebelum sarapan.

6. Hindari tombol snooze

Menekan tombol snooze tidak akan membuat Anda memiliki waktu ekstra untuk tidur. Namun hal tersebut hanya mengganggu siklus REM Anda.  Akan lebih baik jika Anda memaksakan bangun setelah alarm Anda berbunyi daripada menekan tombol snooze.

7. Hindari suara yang berisik

Alarm dengan suara yang ‘mengganggu’ dapat membuat Anda terbangun dengan terganggu pula. Anda bisa mencoba memilih suara alarm dengan musik favorit Anda. Hal ini akan membuat Anda bangun lebih tenang daripada merasa terganggu.

Baca juga: 4 Tips untuk Memulai Pagi

8. Minum air putih

Saat tidur, Anda kehilangan cairan tubuh. Maka dari itu, mulailah hari Anda dengan mengkonsumsi satu atau dua gelas air putih setelah bangun tidur. Siapkan segelas air putih di dekat tempat tidur Anda dan minumlah setelah Anda bangun tidur. Segelas air putih dapat ‘membangunkan’ otot dan organ tubuh Anda untuk bekerja kembali.

9. Mulailah dengan pikiran yang positif

Memulai hari dengan pikiran yang positif ternyata dapat memberikan dampak yang besar. Sekedar menyemangati diri Anda atau membuat daftar tiga hal yang membuat Anda bersyukur setiap harinya dapat membuat hari Anda lebih baik.

10. Memanfaatkan teknologi

Jika Anda ingin pagi Anda berbeda, Anda bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Terdapat banyak aplikasi yang dapat membantu Anda, seperti aplikasi yang dapat menghitung siklus tidur Anda atau kumpulan resep sarapan yang nikmat. (*)