10 Makanan yang Meningkatkan Performa Kerja

croissant-648803_640

Makanan yang Anda konsumsi setiap harinya ternyata dapat mempengaruhi performa kerja Anda. Jika Anda mengkonsumsi makanan yang tidak tepat pada saat yang tidak tepat pula, bukannya meningkatkan performa kerja namun justru malah memberikan dampak yang sebaliknya.

Misalnya, jika saat jam makan siang Anda memilih untuk mengkonsumsi kentang dengan kulitnya, roti putih ataupun pasta, jangan heran ketika Anda kembali bekerja Anda akan diliputi rasa kantuk yang sulit dilawan. Ketiga makanan tersebut merupakan makanan dengan karbohidrat kompleks yang membuat tubuh mencerna lebih keras sehingga membuat Anda mengantuk.

croissant-648803_640

Pilihannya adalah Anda memilih makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti roti dengan gandum utuh, menghindari makanan yang mengandung banyak gula ataupun menghindari makanan yang digoreng. Makanan yang mengandung gula disebut-sebut dapat meningkatkan energi dengan cepat. Namun perlu Anda ingat bahwa efek tersebut pun akan cepat pula hilangnya. Anda bisa mengganti cemilan manis Anda dengan buah-buahan seperti berries, pomegranate ataupun dark chocolate.

Masih banyak makanan yang ternyata dapat membantu Anda agar tetap berenergi dan mampu menampilkan performa terbaik Anda saat bekerja. Apa saja makanan tersebut? Berikut daftarnya.

1. Bayam

Kandungan potassium yang tinggi dalam bayam ternyata dapat membantu otak untuk lebih responsif dibandingkan biasanya.

2. Walnuts

Ketika mulut Anda terasa gatal ingin ngemil, Anda bisa mencoba mengkonsumsi kacang-kacangan seperti walnuts. Kacang-kacangan mengandung omega-3, polyphenols, dan anti-oksidan yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran. Pastikan Anda mengkonsumsi kacang yang dipanggang, bukan digoreng.

3. Buncis

Sama halnya seperti bayam, buncis mengandung kadar potassium yang tinggi. Kadar potassium yang tinggi dapat memperlancar aliran darah dan oksigen menuju otak.

4. Telur

Zat phenylalanine dalam telur ternyata dapat meningkatkan produksi dopamine dalam otak. Jika Anda merasa bad mood, cobalah untuk mengkonsumsi telur.

5. Brokoli dan Kol

Kedua sayuran tersebut ternyata dapat mencegah penurunan daya ingat.

6. Bawang Putih

Bawang putih ternyata mengandung iodine yang membantu otak untuk berfungsi lebih efisien.

7. Ubi Bit

Ubi bit ternyata mengandung zat nitrate alami yang membantu melancarkan peredaran darah ke otak, meningkatkan fokus dan performa kerja.

8. Almonds

Kacang almonds mengandung asam lemak yang dapat mengurangi peradangan sendi dan memperbaiki mood.

9. Sardines

Sardines kaya dengan vitamin D yang membantu perkembangan saraf dalam orak dan sebagai sumber tenaga bagi sel otak yang berperan dalam proses perencanaan, pemrosesan informasi dan daya ingat.

10. Terong

Nasunin merupakan zat yang bermanfaat bagi tubuh dan memberikan warna ungu pada terong. Zat nasunin ternyata dapat melindungi membran sel dalam otak sehingga menurunkan kemungkinan penurunan fungsi otak.