10 Kebiasaan Orang yang Sopan

Setiap orang pasti merasa nyaman berada di sekitar seseorang yang sopan. Tentu saja mereka yang benar-benar sopan, bukan pura-pura. Selain rasa nyaman, seseorang yang sopan dapat membuat orang-orang di sekitarnya merasa dihargai dan dihormati. Bagaimana mereka melakukannya? Inc.com memberikan 10 kebiasaan yang biasa dilakukan oleh mereka yang sopan. Berikut daftarnya.

1. Mereka selalu satu langkah lebih maju

Seseorang yang sopan, apapun status sosialnya, akan selalu tersenyum lebih dulu dan menundukkan kepala sedikit sebagai tanda menghormati orang lain. Seseorang yang sopan akan merasa terhormat bisa berkenalan dengan orang lain.

2. Mereka mempergunakan nama yang Anda ucapkan

Ketika berkenalan dengan orang lain, mereka akan bertanya sebaiknya memanggil Anda dengan nama apa. Nama yang Anda sebutkan adalah nama yang akan terus mereka pergunakan ketika berbincang dengan Anda.

Baca juga: Kebiasaan menunda bisa meningkatkan efisiensi

3. Mereka tidak akan menyentuh duluan

Tentu saja terlepas dari jabatan tangan. Mereka yang sopan akan menghindari sentuhan fisik lain selain jabatan tangan. Terkadang tanpa Anda sadari, ketika sedang berbincang Anda akan menyentuh bahu ataupun tangan lawan bicara Anda. Meskipun Anda tidak memiliki maksud menyakiti ataupun maksud lainnya. Sebaliknya mereka yang sopan tidak akan melakukan hal tersebut. Hal ini disebabkan karena mereka sangat peka sehingga mereka menyadari ketika Anda menyentuh mereka. Hal ini dapat membuat mereka merasa tidak nyaman.

4. Mereka tidak akan terlalu aktif di social media

Terutama mengenai urusan pribadi mereka. Biasanya yang mereka posting di social media cenderung hal-hal yang sifatnya umum. Kalaupun mereka ingin mengetahui kabar orang lain, mereka akan cenderung mempergunakan fitur yang sifatnya personal, seperti chat, bukan melihat-lihat timeline Anda.

5. Mereka peduli dengan orang lain

Ketika mereka yang sopan menyatakan rasa berduka cita mereka, mereka benar-benar merasakannya. Bukan sekedar basa-basi sebagai topik pembicaraan.

6. Mereka tidak pernah ber-gosip ataupun mendengarkan gosip

Ketika ada sekelompok orang yang sedang bergosip, mereka yang sopan akan cenderung menjauhkan diri. Mereka lebih cenderung menyampaikan pendapat mereka mengenai orang lain. Ini tidak termasuk dalam kategori gosip.

7. Mereka tidak memuja diri mereka

Ketika mereka yang sopan ingin membicarakan diri mereka, mereka cenderung akan meminta pendapat. Bukan membanggakan diri mereka sendiri sehingga cenderung terlihat pamer.

8. Mereka tidak memaksakan pendapat mereka

Mereka yang sopan tahu apa yang baik untuk orang lain, dan dirinya tentu saja, dan apa yang tidak baik. Meskipun tidak baik, bukan hak mereka untuk memutuskan apa yang terbaik untuk orang lain. Mereka akan memberikan saran ataupun pendapat ketika diminta oleh orang lain. Mereka tidak pernah men-judge orang lain. Karena menurut mereka, mereka pun bukanlah seseorang yang sempurna.

9. Mereka adalah ahli Social jiujitsu

Mereka yang sopan adalah ahlinya social juijitsu. Social jiujitsu merupakan suatu seni untuk membuat orang lain bicara banyak mengenai diri mereka tanpa mereka sadari. Tipsnya cukup sederhana, tanyalah pertanyaan yang tepat. Tetap mendengarkan dan berikan ruang bagi mereka untuk berbicara. Bukannya mereka adalah orang yang manipulatif, namun mereka dapat memperhatikan dengan baik apa yang disukai oleh orang lain. Mereka akan mendengarkan dan memperhatikan mengenai passion yang Anda ceritakan dengan bersemangat.

10. Mereka tidak pernah berhenti untuk menjadi sopan

Tidak hanya pada kesan pertama, namun pada kesan kedua, ketiga dan seterusnya. Mereka akan terus menjadi seseorang orang yang sopan, karena tidak ada lagi yang lebih baik selain menjadi sopan menurut mereka.

Baca juga: 3 Kebiasaan yang tingkatkan produktivitas

Tags: