10 Kata Yang Digunakan Berlebihan di Linkedin

LinkedIn-Logo copy

LinkedIn-Logo copy

 

Untuk tiga tahun berturut-turut, diumumkan kata-kata yang penggunaannya berlebihan dalam akun linkedin. Berikut adalah sepuluh kata tersebut:

1. Creative (kreatif)
2. Organizational (berorientasi organisasi)
3. Effective (efektif)
4. Motivated (penuh motivasi)
5. Extensive Experience (pengalaman mendalam)
6. Track record (rekaman kinerja)
7. Innovative (inovatif)
8. Responsible (bertanggung jawab)
9. Analytical (analitis)
10. Problem solving (pemecah masalah)

Kesepuluh kata tersebut bisa dikatakan sebagai kata yang bernada subjektif, artinya jika kita menggunakan kata-kata tersebut, biasanya untuk menggambarkan diri sendiri.

Masalahnya, ketika menggunakan kata-kata tersebut, kita berpkir bahwa memang seperti itulah gambaran tentang diri kita. Padahal mungkin saja pembaca menangkap kesan lain. Mereka belum tentu mengakui bahwa deskripsi tersebut benar, karena kita sendirilah yang mengungkapkan hal tersebut.

Salah satu solusi untuk mengatasi ambiguitas tersebut adalah dengan mengecek, kata mana yang merupakan fakta yang menggambarkan diri kita atau tidak sama sekali. Cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan menanyakan, “kata siapa” untuk memvalidasi apakah karakter tersebut benar kita miliki atau tidak.

Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

Saya adalah orang yang sangat kreatif. Bisa disiasati dengan “saya sudah mengerjakan 20 proyek lebih di perusahaan Y dan berhasil menghasilkan laba Rp. xx untuk perusahaan tersebut.

Saya memiliki track record mengenai problem solving yang bagus. Kalimat tersebut dapat diganti dengan, “Saya menangani lebih dari 400 karyawan dan menyelesaikan masalah mereka tentang pemanfaat produk sehingga complain berkurang 50% dari sebelumnya.”

Saya adalah orang yang bertanggung jawab dan inovatif. Kalimat itu bisa diubah menjadi, “saya memimpin 10-20 team dan berhasil mengerjakan project pada tiap-tiap team tersebut.”

Perhatikan bahwa setiap kalimat melibatkan angka-angka. Angka-angka tersebut membuat pernyataan kita lebih valid.

Tags: ,