10 Hal Kecil yang Menciptakan Engagement

Sudah berapa puluh kali Anda mengikuti seminar bertema Engagement & Motivation? Berapa banyak buku atau artikel pula telah Anda lahap untuk mengetahui bagaimana cara menciptakan lingkungan kerja yang produktif karena karyawan merasa terikat dengan perusahaan? Mungkin Anda sudah mendapatkan banyak teori dari seminar dan buku-buku itu. Tapi, teori-teori yang biasanya mengandung gagasan-gagasan besar justru membuat Anda kesulitan untuk mempraktikkannya dalam aksi keseharian di tempat kerja. Mari, coba cara yang lain, yakni dengan melakukan hal-hal yang "kecil".
Ada 10 hal sederhana yang bisa membantu Anda menciptakan engagement karyawan. Menjaga 10 hal ini senantiasa ada dalam benak akan membantu Anda mengelola secara lebih baik anak buah Anda, sekaligus membuat kantor selalu produktif.
1. Buang jauh-jauh kesan dan prasangka yang mungkin ada di kepala Anda mengenai karyawan secara umum.
2. Cobalah untuk mendekati anak buah dengan "tatapan yang segar" dan masuklah ke dalam perspektif mereka yang unik.
3. Pastikan setiap karyawan Anda telah dilengkapi dengan perangkat, alat dan apa pun yang diperlukan untuk pekerjaan mereka.
4. Pastikan karyawan mengetahui dengan jelas apa Anda harapkan dari mereka berkaitan dengan pekerjaan.
5. Luangkan waktu untuk mengenal lebih dekat anak buah Anda dan ketahui apa tujuan karier mereka.
6. Bayarlah ongkos yang diperlukan dan pastikan karyawan Anda telah mendapatkan pelatihan yang layak.
7. Mintalah respon langsung untuk mengevaluasi diri Anda sendiri; cari tahu bagaimana penerimaan mereka terhadap diri dan kerja Anda.
8. Beri perhatian yang cukup terhadap acara-acara yang berlangsung di kantor, dan apa yang terjadi di sekitar Anda.
9. Beri pengakuan dan penghargaan kepada karyawan yang telah menyelesaikan pekerjaan mereka dengan baik.
10. Konsistenlah, jangan memulai suatu program dan menghentikannya di tengah jalan.
Di atas semua itu, apa pun yang Anda lakukan, janganlah menjadi manajer yang sepanjang hari "bersembunyi" di balik meja dalam ruang kerja yang tertutup. Bicarakan kepada anak buah, kenalilah mereka dan perlakukan mereka dengan selayaknya dan Anda pun akan mendapatkan imbal-baliknya.