10 Cara Pertahankan Top Talent

 

Apakah Anda pernah kehilangan karyawan terbaik Anda? Hal ini kerap terjadi di perusahaan-perusahaan besar yang sibuk mempertahankan karyawan terbaik mereka namun tetap gagal. Mengapa fenomena itu terjadi? Menurut Mike Myatt yang dilansir Forbes, hal itu karena perusahaan hanya fokus kepada programnya saja.

“Yang banyak terjadi di dunia bisnis, mereka terlalu sibuk dengan proses yang dibangun berdasarkan teori namun tidak mempraktekannya berdasarkan pengalaman,” ujar Mike.

Ketika beberapa karyawan ditanya mengenai “kejujuran” mereka saat bekerja, berikut jawaban mereka:

– Lebih dari 30% karyawan merasa kurang dari 12 bulan akan pindah ke perusahaan lain

– Lebih dari 40% tidak respek terhadap atasan mereka

– Lebih dari 50% mengaku mempunyai perbedaan values dengan pemimpin mereka

– Lebih dari 60% merasa karir mereka tidak sejalan dengan rencana atasan mereka

– Lebih dari 70% tidak merasa dihargai oleh atasan

Jika hal ini kemungkinan juga terjadi di perusahaan Anda, sebaiknya segera evaluasi. Ada petuah bijak yang mengatakan “karyawan tidak berhenti bekerja karena perusahaan, mereka berhenti karena boss mereka.”

Buatlah karyawan Anda merasa tertantang, terlibat, dinilai lebih dan diberi penghargaan (baik secara emosional, keilmuan dan finansial), maka mereka akan berpikir 100 kali untuk meninggalkan Anda.  Berikut 10 cara mempertahakan talent terbaik Anda:

1. Pancing Gairah Mereka

Pahami gairah karyawan Anda dan sejajarkan dengan tujuan perusahaan. Sehingga mereka akan bekerja menuju tujuan perusahaan dengan lebih bergairah.

2. Tantang Kepintaran Mereka

Talent yang pintar tidak akan betah menetap lama di tempat yang membosankan dan tidak menantang. Berilah mereka tantangan yang baru setiap saat.

3. Biarkan Mereka Terlibat Dengan Menunjukkan Kreativitas Mereka

Talent yang baik ingin selalu mempunyai andil dalam meningkatkan performa perusahaan. Beri mereka kesempatan menggunakan kreativitas mereka dan lebih terlibat dalam pengambilan keputusan.

4. Asah Keahlian Mereka

Betapa pun pintarnya seseorang, selalu ada ruang untuk berkembang dan belajar. Beri mereka peluang untuk mempelajari hal-hal baru.

5. Berikan Kesempatan Mereka Untuk Berbicara

Dengarkan ide-ide mereka. Jangan sampai orang lain yang lebih mendengarkan mereka sehingga mereka berpaling dari Anda.

6. Perhatikan Mereka

Karyawan Anda juga manusia yang memiliki rasa ingin diperhatikan. Jika mereka merasa kurang diperhatikan, mereka akan meninggalkan Anda setinggi apapun Anda menggaji mereka.

7. Jadilah Pemimpin Bagi Mereka

Bimbing dan berilah contoh yang baik bagi mereka. Jika Anda gagal memimpin mereka, mereka akan mencari kepemimpinan di tempat lain.

8. Kenali Kontribusi Mereka

Jangan selalu merasa keberhasilan perusahaan Anda berkat keahlian Anda. Kenali kontribusi karyawan Anda terhadap keberhasilan perusahaan sehingga mereka akan merasa lebih dihargai.

9. Tingkatkan Rasa Tanggung Jawab Mereka

Jangan batasi kreativitas mereka. Orang akan senang menerima beban kerja yang tinggi asalkan disertai dengan tanggung jawab yang besar. Dengan diberi tanggung jawab maka mereka akan merasa dipercaya serta memiliki andil dalam keberhasilan perusahaan.

10. Jagalah Komitmen Anda Kepada Mereka

Jangan pernah ingkar janji kepada karyawan Anda dan jangan pernah menghilangkan kepercayaan karyawan terhadap Anda.

Tags: ,