Ubah 4 Kebiasaan Makan Ini untuk Tingkatkan Kemampuan Berpikir

technology-792180_640

Kemampuan untuk berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki bagi seorang pelaku bisnis ataupun pemilik organisasi. Tahukah Anda bahwa ternyata kemampuan berpikir kritis dapat dipengaruhi oleh kebiasaan makan Anda. Kebiasaan makan yang buruk akan mengarah pada kemampuan berpikir kritis yang buruk pula.

Baca juga: 15 Makanan yang Baik Bagi Otak

Sehingga untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, Anda pun harus memperbaiki kebiasaan makan Anda. Kebiasaan makan seperti apa yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis? Seperti dilansir oleh situs entrepreneur.com, berikut ini beberapa hal yang menjelaskan hubungan kebiasaan makanan dengan pola kerja.

1. Kurangi konsumsi kopi.

Kopi memang dapat membuat Anda lebih segar, namun tidak memberikan Anda terlalu banyak energi. Zat dalam kopi sebenarnya adalah stimulan yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan perhatian. Berdasarkan hasil penelitian stimulant bekerja hanya pada dosis sebanyak 200 sampai 300 mg. ini setara dengan satu sampai dua gelas kopi. Jika lebih dari itu terlalu banyak kafein dapat menyebabkan kecemasan, pemikiran dan pembicaraan yang tidak teratur. Kurangi konsumsi kopi Anda. Harus ingat untuk mengkonsumsi sesuatu bersamaan dengan kopi yang Anda minum.

technology-792180_640

(Sumber image: pixabay.com/en/)

2. Kurangi konsumsi gula.

Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat membuat kemampuan berpikir Anda menurun. Hal ini disebabkan karena karbohidrat sederhana sangat cepat dicerna oleh tubuh, meningkatkan gula dalam darah dengan cepat dan memberikan energi instan, namun menurun dengan sangat drastis. Fungsi otak Anda akan mengendur dan bahkan kesulitan untuk mengingat. Untuk mengurangi hal ini, kurangilah konsumsi gula Anda dan mulai mengkonsumsi makanan yang sehat. Kombinasikan konsumsi gula Anda dengan makanan yang mengandung protein dan fiber. Protein akan memperlambat proses pencernaan sedangkan fiber menurunkan kadar gula dalam aliran darah.

Baca juga: 5 Makanan Ini Bikin Ngantuk Setelah Makan Siang

3. Konsumsi kacang-kacangan.

Kacang-kacangan dan biji-bijian terbukti dapat membuat otak Anda lebih tajam dan mengandung banyak vitamin E yang baik bagi otak. Kacang-kacangan terbukti dapat meningkatan kemampuan reasoning seseorang. Tidak hanya enak, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan camilan yang mudah Anda bawa ke kantor ataupun kemanapun Anda pergi.

4. Lakukan segalanya dengan cukup dan tidak berlebihan.

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Terlalu banyak bekerja, terlalu banyak tidur bahkan terlalu banyak berolahraga dapat membahayakan kesehatan Anda. Bekerjalah sesuai waktunya. Ketika waktunya istirahat makan siang, beristirahatlah dan makan dengan cukup. Tidur dan bangun pada waktu yang sudah Anda tentukan sendiri. Segala sesuatu yang cukup akan lebih baik daripada yang berlebihan. (*)

Tags: , , , , , , ,