Tips Kerja Lebih Sedikit, Dapat Lebih Banyak

archery-472932_640

Terkesan sibuk membuat seseorang dianggap keren. Padahal kesibukan yang Anda jalani pun belum tentu Anda nikmati.

Kualitas kerja Anda tidak sebanding kuantitas jam yang Anda habiskan untuk bekerja. Seorang entrepreneur yang sukses biasanya bekerja lebih sedikit namun mampu menghasilkan lebih banyak.

archery-472932_640

(Sumber image: pixabaycom)

Baca juga: Melakukan Delegasi Yang Efektif

Rhett Power, selaku kontributor di Inc, membagi tipsnya bagaimana untuk bekerja lebih sedikit namun dapat menghasilkan lebih banyak.

1. Fokus pada satu pekerjaan dalam satu waktu.

Berdasarkan report yang diterbitkan dalam Harvard Business Report, seorang multitaskers melakukan lebih sedikit dan lebih kehilangan banyak informasi. Seorang individu membutuhkan waktu setidaknya 15 menit untuk kembali fokus setelah terganggu dengan aktivitas lain seperti membaca dan membalas email.

Efisiensi kerja dapat menurun hingga 40% ketika seseorang terdistraksi. Secara tidak langsung hal tersebut akan membunuh kreativitas dan ingatan jangka panjang. Jadi daripada menyelesaikan berbagai macam hal pada saat yang sama, alangkah lebih baiknya jika Anda memilih satu satu pekerjaan dan fokus untuk menyelesaikannya sampai tuntas.

Baca juga: Multitasking Hemat Waktu Atau Buang Waktu?

2. Alihkan pada yang ahli.

Terkadang Anda ingin mengerjakan segala sesuatunya sendiri meskipun Anda membutuhkan bantuan Google pada awalnya. Dengan menyelesaikan segala sesuatunya sendiri Anda merasa bahwa Anda adalah superhuman.

Tahukah Anda bahwa mencari tahu mengenai suatu hal di saat ada orang lain yang memang ahli di bidang tersebut hanyalah menghabiskan waktu saja. Berdasarkan Graziadio Business Review, “sebanyak 75% pekerja ingin tanggung jawab yang lebih” dan dengan mengalihkan tugas pada yang ahli maka Anda dapat menyelesaikan tugas dengan cepat dan tentu saja benar.

3. Bekerja dalam kondisi sehat.

Bekerja dalam kondisi sehat artinya Anda sudah beristirahat dengan cukup sehingga siap untuk bekerja kembali. Hindari menerima telepon untuk urusan pekerjaan saat sarapan dan manfaatkan hari libur Anda. Gunakan waktu Anda di rumah untuk beristirahat dan akhir minggu untuk menghabiskan waktu dengan keluarga. Sehingga ketika Anda kembali bekerja energi dan semangat Anda pun sudah terisi dengan penuh. (*)

Tags: , , , , , , , , ,