Stress? Atasi dengan Melakukan 5 Kebiasaan Ini

green-tea

Memilih untuk menjadi seorang pengusaha melibatkan sebuah pengalaman yang menyenangkan, menantang tetapi kerap kali juga menekan yang memicu stress. Anda harus berhadapan dengan klien-klien baru, mencari pendanaan atau menyusun strategi bisnis baru agar tidak merugi. Pengambilan keputusan untuk urusan-urusan tersebut tentunya mengundang stress. Bahkan sekalipun Anda tidak merasa stress pada saat itu, rasa tertekan tersebut bisa terakumulasi dan menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari.

green-tea

Sudah menjadi rahasia umum bahwa stress dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Gejala awalnya memang terlihat tidak berbahaya tetapi kemudian Anda akan menjadi rentan akan rasa khawatir yang membuat Anda kehabisan tenaga. Lama kelamaan, stress ini dapat menyebabkan penyakit berat seperti kardiovaskuler.

Menghindari stress dalam kehidupan sehari-hari hampir tidak mungkin bagi seorang pengusaha. Yang dapat kita lakukan adalah mengurangi stress tersebut agar tidak menimbulkan efek buruk terhadap kesehatan. Dilansir dari entrepreneur.com, berikut adalah 5 (lima) kebiasaan yang dapat dilakukan untuk mereduksi stress,

  1. Mengawali dan menutup hari dengan olah raga.

Menurut American Heart Association, olahraga dapat mengurangi tingkat stress baik itu ketegangan fisik maupun mental. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, memicu endorphin dan memberi Anda tambahan energi sepanjang hari. Sebelum Anda memulai aktivitas di pagi hari, Anda dapat berolah raga agar menjadi lebih produktif dan meminimalkan stress. Tetapi, hal tersebut bukanlah satu-satunya opsi. Setelah bekerja pun Anda dapat berolah raga untuk meredakan rasa stress yang telah terakumulasi seharian.

green_tea

  1. Meminum Teh Hijau

Sebelum menuangkan kopi pahit ke dalam cangkir Anda di pagi hari, pertimbangkan untuk memilih alternatif lain seperti teh hijau. Teh hijau terbukti dapat menurunkan rasa lelah, sedangkan kandungan kafeinnya dapat membuat Anda “melek” sehingga siap untuk memulai hari. Keuntungan meminum teh hijau selain memiliki kandungan seperti kopi, juga mengandung banyak antioksidan yang dapat menyehatkan tubuh kita.

  1. Lakukan perenggagan dan sesekali menjauhlah dari layar computer.

Gerakan yoga sederhana diikuti dengan pengambilan napas dalam-dalam akan membantu kita melepas ketegangan syaraf.  Akan tetapi, bukan berarti Anda harus berlatih yoga selama berjam-jam per harinya untuk mendapatkan manfaat dari stretching tersebut. Gerakan yoga ini bisa Anda jadikan rutinitas ketika istirahat kerja. Secara tidak langsung, kebiasaan ini akan memaksa Anda beralih dari kayar komputer sehingga Anda menjadi lebih rileks dan sirkulasi darah Anda menjadi lebih baik.

  1. Mengurangi komitmen

Coba Anda pikirkan kembali, seberapa sering Anda merasa kewalahan dengan jadwal kerja atau target yang harus ditepati sehari-hari. Jadwal yang padat tanpa menyisakan waktu istirahat sudah tentu memicu stress. Untuk menanggulangi hal tersebut,  cobalah untuk mengurangi komitmen yang Anda buat berkaitan dengan bisnis. Jika Anda telah membiasakan hal ini, hidup Anda tentunya akan menjadi lebih nyaman. Mulai sekarang, berlatihlah dengan mencari satu meeting atau pertemuan yang bisa disubtitusi dengan email atau komunikasi lain tanpa harus bertemu. Lama kelamaan, Anda akan memiliki jadwal acara yang lebih fleksibel.

  1. Kelilingi diri Anda dengan aroma yang wangi dan menyegarkan.

Lingkungan kerja bisa menjadi penyebab utama rasa stress yang Anda rasakan. Mengantisipasi hal tersebut, cobalah menata ulang meja kerja Anda dan mendengarkan musik sehingga Anda merasa seperti sedang di rumah. Selain itu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa adanya aroma yang menyenangkan seperti aroma terapi dapat membantu mengurangi stress.  Jadi, pertimbangkan untuk menggunakan lilin-lilin aroma terapi favorit Anda di ruang kerja Anda. (*)