Sisihkan 7 Menit di Pagi Hari, Dijamin Hari Anda Lebih Produktif

waiting-410328_640

Percaya atau tidak, Anda hanya membutuhkan 7 (tujuh) menit saja untuk membuat hari Anda lebih produktif. Selain membuat hari Anda lebih profuktif, 7 menit ini juga dapat membuat mood Anda baik, menentukan kesuksesan Anda pada hari itu dan meningkatkan kesehatan Anda.

Baca juga: 10 Menit “E-break” Tingkatkan Produktivitas

John Brandon, salah satu kontributor di Inc, memberikan tips hal apa saja yang harus dilakukan dalam 7 menit setiap paginya. Siapkah Anda?

1. Sebelum memulai sesuatu persiapkan segalanya.

Pertama-tamanya carilah tempat yang tenang bagi diri Anda. Terutama untuk Anda yang bekerja di kubikel, harus Anda ingat bahwa itu bukanlah meja Anda, karena terlalu banyak gangguan.

Begitupula dengan kendaraan Anda. Jika Anda bekerja di perusahaan startup, ruang lobi atau balkon mungkin adalah tempat yang tepat. Untuk membuat hal ini bekerja, tentu saja Anda harus berangkat dan sampai kantor lebih pagi.

waiting-410328_640

(Sumber image: pixabay.com)

Anda membutuhkan sebuah agenda dan pulpen. Jangan lupa kenakan jam. Jangan sampai tujuh menit Anda terlewat.

2. Menit Pertama: Jernihkan Kepala Anda.

Jernihkan kepala Anda terlebih dahulu. Jauhkan ponsel ataupun gadget Anda. Mengecek ponsel ataupun gadget bukanlah rutinitas pagi Anda. Menjernihkan kepala Anda artinya Anda berusaha hadir untuk menghadapi hari Anda pada hari itu.

3. Menit Kedua: Tarik dan Buang Nafas Perlahan.

Bernafas dengan dalam dapat memberikan efek menenangkan pada otak Anda dan membuat Anda jauh lebih fokus. Tarik dan buanglah nafas secara perlahan. Namun bukan berarti aktivitas ini hanya Anda lakukan pada pagi hari saja. Anda bisa mengulangnya seiring dengan berjalannya hari.

4. Menit Ketiga hingga Keenam: Tulis dan Gambar.

Tulislah apa yang Anda rencanakan untuk hari itu. Menggambar rencana Anda pada hari itu pun bukanlah hal yang buruk. Hal ini merupakan salah satu cara untuk melihat mana yang penting dan mana yang menjadi beban pikiran Anda. Tulisan dan gambar yang Anda buat pada pagi hari ini menjadi semacam rekaman untuk persiapan dan mereview apa saja yang perlu Anda lakukan.

5. Menit Ketujuh: Cek Kembali.

Setelah menuliskan atau menggambarkan rencana Anda, cek kembali apa yang Anda tulis ataupun  gambar. Pikirkan apa yang Anda buat dan mengapa Anda membuatnya.

Lalu buatlah rencana untuk melakukannya. Pilihlah satu dari sekian rencana tersebut dan fokuslah untuk menyelesaikan hal tersebut pada hari itu. Jika Anda memilih untuk menyelesaikan laporan, maka fokuskan diri Anda satu hari itu untuk menyelesaikan laporan tersebut. (*)

Tags: , , , , , , , , , ,