Mencari Kerja Melalui Facebook, Mengapa Tidak?

media-998990_640

Facebook memang bukanlah jejaring social professional seperti layaknya LinkedIn. Namun bukan berarti Facebook tidak dapat membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda dambakan. Sehingga jika Anda menemukan orang tepat, maka Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda dambakan. Salah satu cara untuk mencari orang yang tepat yakni melalui Facebook.

media-998990_640

(Image:Pixabay)

Mendapatkan pekerjaan ternyata ‘hanya’ sebagian dari permainan angka. Maka dari itu pertemanan yang luas di jejaring social seperti Facebook akan lebih menguntungkan  dibandingkan satu hubungan saja. Hal ini diungkapkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Tufts University, Stony Brook University dan Facebook.

Dalam penelitian tersebut para peneliti melihat rekam jejak pengguna Facebook yang kemudian mendapatkan pekerjaan setelah berteman dengan seseorang. Sebanyak 7% dari enam juta pengguna Facebook, mendapatkan pekerjaan atas bantuan rekannya di Facebook.

Untuk menilai seberapa dekat pertemanan yang terjalin antara penggunanya, para peneliti menghitung seberapa sering mereka berinteraksi setiap tahunnya. Misalnya bagaimana hubungan mutual friends, dan seberapa sering mereka di-tag atau ditandai dalam postingan orang lain.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ditemukan beberapa saran bagi para job seeker yang sedang mencari kerja melalui Facebook. Berikut pemaparannya.

1) Buatlah akun Facebook Anda tetap update.

2) Untuk ‘menjaga’ keamanan akun profil Anda, pastikan Anda mengatur privacy setiap bagiannya. Pastikan bahwa foto profil dan foto cover yang Anda pergunakan foto profil dan cover yang professional.

3) Lihatlah apa saja yang pernah Anda liked di bagian “About.” Ingatlah untuk menghapus group-group yang sudah outdated ataupun inappropriate.

Setelah langkah-langkah di atas, buatlah pola interaksi melalui status, komentar, memberikan ‘Like’, serta ikut partisipasi viral activity dengan men-share atau membagikan artikel dan inspirational quote dari teman yang positif senatural mungkin dan dengan porsi yang tepat. Selamat berbur pekerjaan di Facebook. (*)