Masih Sulit Fokus di Tempat Kerja? Coba 4 Kebiasaan Ini Untuk Dongkrak Motivasi

Stay Focus

Fokus menjadi kunci utama untuk bisa menyelesaikan suatu pekerjaan. Namun, tidak semua orang bisa bekerja dengan fokus. Sebagaimana diulas dalam inc.com, ada beberapa kebiasaan yang membantu kita untuk dapat menjadi lebih fokus ketika bekerja. Apa saja kebiasaan tersebut?

Stay Focus

1) Memahami arti “why” atau alasan bekerja

Pertama-tama, kenali alasan “mengapa” Anda harus mengerjakan pekerjaan Anda. Ketika Anda sudah memiliki pemahaman tentang mengapa Anda harus melakukan ini itu, Anda akan memiliki motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut hingga selesai.

2) Eliminasi distraksi

Supaya Anda bisa berkonsentrasi, Anda harus bisa meminimalkan distraksi atau gangguan yang berpotensi membuat Anda berhenti bekerja. Beberapa caranya adalah:

  • Siapkan waktu khusus untuk mengerjakan tugas Anda. Misalnya saja Anda mengalokasikan satu atau dua jam, dan pastikan tidak ada yang bisa menginterupsi Anda selama dua jam tersebut.
  • Matikan semua notifikasi media sosial maupun email dan SMS selama Anda bekerja dan membutuhkan fokus yang sangat tinggi.
  • Buatlah list hal-hal yang mendistraksi Anda. Pikirkan hal-hal apa saja yang mungkin muncul di pikiran Anda dan mendistraksi kinerja Anda. Buatlah daftar semua kegiatan tersebut dan alokasikan waktu untuk mengerjakannya di saat Anda memiliki waktu istirahat.
  • Komunikasikan dengan orang lain di sekitar Anda. Ketika Anda sedang membutuhkan konsentrasi tinggi, sampaikan kepada siapa pun yang berpotensi menginterupsi Anda bahwa Anda sedang tidak dapat diganggu dalam kurun waktu tertentu.
  • Dengarkan musik. Gunakan musik atau bunyi apapun sebagai background Anda bekerja untuk mengurangi distraksi berupa suara-suara yang tidak ingin Anda dengar.
  • Hindari multitasking. Ketika Anda berusaha mengerjakan dua pekerjaan sekaligus, itu artinya Anda harus membagi perhatian pada lebih dari satu hal. Pada akhirnya Anda tidak akan 100% pada pekerjaan manapun yang sedang Anda kerjakan sehingga membuat kedua pekerjaan tersebut menjadi lama selesainya.
  • Hindari distraksi visual. Misalnya saja Anda terganggu dengan orang lalu lalang atau gambar di TV, sebaiknya Anda mencari tempat yang bebas dari gangguan hal-hal tersebut.

Baca juga: 10 Tips Ini Akan Kembalikan Fokusmu dalam Bekerja

3) Maksimalkan potensi Anda

Kita bukanlah makhluk yang didesain untuk bisa duduk fokus selama 8 jam di depan komputer. Kita butuh istirahat dan tentunya juga pola hidup yang sehat agar kemampuan kita bisa dioptimalkan.

Beberapa hal yang eksplisit dapat kita maksimalkan misalnya:

  • Tidur. Ketika Anda kurang tidur, Anda akan kesulitan untuk berkonsentrasi.
  • Makanan sehat. Makanan bergizi memberikan nutrisi dan stamina ketika Anda harus bekerja dengan penuh konsentrasi.
  • Olahraga. Kegiatan ini membantu Anda meningkatkan daya ingat, membantu distribusi oksigen ke otak sehingga Anda tetap bugar, berenergi sehingga level efisiensi Anda pun meningkat.

Baca juga: Cobalah 5 Meditasi Ringan Ini Untuk Anda yang Sulit Fokus

Beberapa yang tak terlihat ekplisit tetapi penting, di antaranya:

  • Menemukan “prime time.” Otak kita memiliki daya konsentrasi di atas rata-rata ketika berada di jam-jam atau saat-saat tertentu. Oleh karena itu, temukan waktu-waktu tersebut dan maksimalkan penggunaannya.
  • Mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet dapat membantu meningkatkan aliran oksigen ke otak sehingga Anda bisa fokus lebih lama.
  • Menghirup aroma tumbuh-tumbuhan. Aroma tanaman yang menenangkan seperti peppermint misalnya, dapat meningkatkan konsentrasi kita.
  • Minum kopi ketika Anda merasa kortisol Anda sudah melemah.

4) Memotivasi diri sendiri

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memotivasi diri sendiri. Beberapa di antaranya adalah:

  • Mencari mentor. Dengan memiliki seseorang yang diteladani, kita akan merasa lebih termotivasi.
  • Mulai mengerjakan hal-hal yang paling sulit dikerjakan selama 5 menit. Hal itu akan menyadarkan Anda bahwa hal yang terberat sebenarnya adalah memulai suatu pekerjaan.
  • Rencanakan adanya reward. Menyiapkan sesuatu untuk dihadiahkan kepada diri sendiri akan membuat Anda bersemangat untuk segera menyelesaikan pekerjaan Anda. (*)