Inilah 3 Tips Mengelola Gaji Pertama Bagi Para Fresh Graduate

merencanakan keuangan

Bagi para fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja tentu menjadi momen yang paling membahagiakan ketika menerima gaji pertama. Hal tersebut dikarenakan gaji pertama adalah uang yang mereka dapatkan sendiri dari hasil kerja mereka.

Student Job

(Image: blog.StudentJob.co.id)

Namun, tantangan bagi para fresh gradute dalam mengelola gaji mereka telah menanti di depan. Mereka harus bisa menggunakan gaji pertama mereka dengan baik agar segera menjadi pribadi yang mandiri secara finansial. Tentu ini tidak mudah bagi para fresh graduate, mengingat banyaknya godaan untuk segera menghabiskan gaji pertama ini. Jangan khawatir karena Halomoney.co.id akan memberikan tiga tips mengelola gaji pertama ini.

1) Membuat Perencanaan Keuangan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mulai berlatih membuat perencanaan keuangan setiap bulan, yaitu dengan mencatat pengeluaran apa saja yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Selain itu, kamu juga harus menentukan berapa persen uang yang harus kamu tabung setiap bulannya. Hal ini sangat menguntungkan bagi para fresh graduate, yakni melatih untuk lebih disiplin.

Kategori yang dapat dibuat dalam membuat perencanaan keuangan adalah pengeluaran untuk transportasi, hiburan, makan, dan biaya kost kalau ada. Meski terkesan ketat pos-pos-nya, jangan juga sampai tidak dapat menikmatinya sama sekali gaji yang diterima hanya karena terlalu irit.

merencanakan keuangan

(Image: kavuitimur.wordpress.com)

2) Menabung

Menabung adalah langkah yang dapat dilakukan selanjutnya. Menabung bersifat wajib sehingga harus selalu dilakukan setiap bulannya . Jika memang kamu hanya bisa menabung sedikit itu tidak masalah. Hal tersebut dikarenakan jika kamu rutin setiap bulannya itu akan sangat menguntungkan. Selain itu, disarankan agar kamu memmpunyai dua rekening agar uang yang telah kamu tabung tidak terpakai.

3) Menyiapkan Dana darurat

Dana darurat merupakan dana yang wajib dipikirikan ketika kamu menerima sebuah gaji apalagi gaji pertama. Jumlah yang harus kamu sisihkan tergantung dari gaji yang diterima. Yang perlu diingat mengenai dana darurat ini adalah dana tersebut hanya boleh digunakan jika memang dalam keadaan darurat saja.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan bagi para fresh graduate agar bisa segera menjadi pribadi yang mandiri secara finansial, dan tidak lagi minta uang saku ke orang tua meskipun sudah kerja. (*/SaskiaNikitaSibo/Contributor)