Inilah 16 Kebiasaan Orang Sukses Awali Hari

workstation-405768_640

Cara menghabiskan waktu untuk beberapa menit pertama di tempat kerja bisa mempengaruhi produktivitas Anda untuk sepanjang sisa hari. Itulah kenapa, orang-orang yang sukses menetapkan rutinitas tertentu di awal hari sehingga menjadi produktif setiap hari. Lalu apa saja rutinitas yang mereka lakukan setiap untuk mengawali hari di tempat kerja?

workstation-405768_640

1. Refleksi

Kesuksesan membutuhkan sebuah refleksi untuk mengenali diri sendiri, sejauh mana kita telah melangkah, siapa sebenarnya kita dan ke depan, kita ingin menjadi seperti apa. Anda dapat melakukannya di tempat yang tenang dan merenungkan hal tersebut setiap pagi.

2. Mengambil jeda

Ketika Anda berada di tempat kerja, dalam situasi yang serba terburu-buru, banyak kerumunan orang dan orang-orang bergerak cepat, sehingga Anda terbawa dengan suasana tersebut. Maka berhentilah sejenak. Setelah itu, pusatkan perhatian untuk memikirkan bahwa Anda telah siap menghadapi hari-hari Anda. Anda telah menjadi pribadi yang utuh sehingga tidak ragu-ragu tentang apa yang ingin Anda capai di hari tersebut.

3. Merasa nyaman

Hari-hari Anda akan berawal dengan ritme yang smooth apabila Anda tidak harus direpotkan dengan barang-barang Anda yang berantakan. Pastikan semua barang yang Anda butuhkan dapat dijangkau dengan mudah tanpa perlu membuang banyak tenaga. Orang yang sukses selalu memastikan bahwa kursinya berada pada posisi tepat untuk diduduki dan barang-barang yang sering dipakai semuanya mudah dijangkau.

4. Terorganisir

Mencari-cari barang yang sulit ditemukan adalah sebuah tindakan membuang-buang waktu. Melihat meja atau rak yang rapih di depan mata akan membuat kita berpikir lebih jernih.

5. Mereka melakukan pereggangan dan bergerak aktif

Sebelum duduk lama di kursi mereka, biasanya orang yang sukses tersebut melakukan perenggangan. Selain itu, di sela-sela duduknya, ia berjalan berkeliling sekali dua kali.

6. Mengerti prioritas

Orang yang sukses bisa menempatkan prioritas, tugas yang paling penting lebih diutamakan ketimbang tugas lain. Meskipun seandainya tugas terpenting tersebut adalah tugas pelik, mereka tetap saja mengerjakannya lebih dulu karena pagi hari adalah kondisi di mana tubuh lebih bertenaga.

7. Mereka memvisualisasikan kesuksesan mereka

Dengan menggambarkan atau memvisualisasikan output dari kesuksesan Anda, akan lebih besar motivasi Anda untuk meraih kesuksesan tersebut. Dorongan tersebut membuat kita lebih bersemangat untuk melakukan yang terbaik.

Baca juga: 10 Hal yang Tidak Dapat Ditolerir Orang Sukses

8. Mereka memetakan hari-hari mereka

Seorang yang sukses melakukan review terhadap bagaimana mereka telah menjalani hari-hari mereka. Review tersebut untuk melihat apakah ada hal-hal yang harus diubah atau tidak. Selain itu, mereka juga mengecek apakah mereka ada jadwal bertemu orang lain atau tidak.

9. Mereka membantu orang lain

Menurut Arthur C. Brook, presiden dari American Enterprises Institute membantu orang lain dapat mereduksi rasa tertekan dan meningkatkan kepuasan dalam bekerja. Membantu orang lain membuat kita tidak terfokus pada kebutuhan diri sendiri.

10. Mengenali distraksi

Kita semua tentunya menghadapi distraksi dalam pekerjaan sehari-hari. Semakin cepat kita mengenali distraksi tersebut, semakin mudah kita melakukan mitigasi risikonya.

11. Berani berkata “tidak”

Orang yang sukses memiliki cara yang sopan utnuk menolak ajakan orang lain. Biasanya mereka tidak menyinggung perasaan orang lain karena menawarkan pertemuan di lain waktu.

12. Mereka mengeliminasi negativity

Orang yang sukses tidak akan terpuruk dan terus memikirkan kegagalan atau peristiwa yang tidak meyenangkan beberapa waktu sebelumnya. Mereka tidak mengutuki macet atau memusingkan ujian yang tidak bisa dikerjakan di hari sebelumnya.

Baca juga: White-board Bisa Membantu Anda Sukses, Kok Bisa?

13. Mereka bekerja  dengan baik dalam tim

Sebelum bekerja, mereka menyempatkan diri untuk menyapa orang lain, mengobrol ringan atau bercanda dengan rekan kerjanya di kantor. Mereka adalah orang-orang yang friendly dan memberikan energi positif bagi orang lain.

14. Mereka peduli dengan anak buah

Setiap hari, orang yang sukses meluangkan waktu untuk mengobrol dengan karyawan untuk mengetahui apakah mereka masih termotivasi dan betah bekerja di kantor atau justru sebaliknya.

15. Mereka tersenyum dan tertawa

Mereka memulai harinya dengan tersenyum. Hal itu mereka lakukan untuk menjaga attitude mereka dan juga menciptakan sebuah frame kerja yang bagus untuk memulai hari.

16. Mereka selalu bersyukur

Orang-orang yang sukses bahkan rela meluangkan beberapa menit di pagi hari untuk merenungkan kembali hal-hal atau kejadian apa yang membuat mereka bersyukur di hari-hari sebelumnya. Mereka bersyukur untuk hal-hal baik yang bersifat personal maupun professional. (*)