4 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Bosan di Kantor

work-desk-1205159_640

Jika kantor Anda berorientasi pada ‘hasil,’ ketika pekerjaan Anda pada hari itu selesai maka Anda dapat pulang. Namun jika kantor Anda bersifat korporasi yang memiliki jadwal datang dan pulang, maka Anda harus terjebak di kantor hingga jam pulang.

work-desk-1205159_640

 

Misalnya tidak lama setelah jam makan siang pekerjaan Anda sudah selesai. Rekan-rekan Anda pun sepertinya tidak terlihat butuh bantuan. Anda pun merasa bosan. Lalu apa yang akan Anda lakukan? Empat aktivitas berikut bisa menjadi alternatif Anda untuk membuang waktu namun tetap produktif.

1) Memperkaya ilmu

Anda tidak sempat membaca koran pagi ini? Tenang saja, Anda bisa membacanya saat ini. Ingin tahu tentang isu terhangat di bidang teknologi? Sekarang saatnya Anda bisa ‘kepo’ seluk beluk isu seputar teknologi. Alternatif lainnya, Anda bisa mencoba menulis jurnal, blog atau apapun dan membaginya kepada orang lain. Berbagi ilmu sama halnya dengan memperkaya ilmu Anda.

Baca juga: 7 Hal Ini Cerminkan Cara Anda Menghabiskan Waktu Kerja

2) Belajar

Anda ingin belajar Bahasa Spanyol namun tidak ada waktu? Waktu ‘kosong’ Anda bisa diisi dengan mengikuti kelas online Bahasa Spanyol. Tidak hanya Bahasa Spanyol, namun Anda juga bisa mencoba kelas online bahasa lain, ataupun bidang lain yang Anda sukai. Ingin mempelajari bidang yang tidak berkaitan dengan pekerjaan Anda pun bisa Anda lakukan.

3) Beberes

Jika Anda kerap kali kesulitan mencari paper clip karena meja Anda berantakan atau lupa di mana menaruh file laporan, maka waktu luang Anda akan sangat tepat jika dihabiskan dengan bersih-bersih. Mulai dari merapikan dan membersihkan file di laptop atau komputer hingga merapikan dan membersihkan meja kantor Anda. Buanglah file yang tidak perlu sehingga memori ataupun meja Anda lebih rapi. File yang rapi pun akan mempersingkat waktu Anda dalam mencarinya ketika sedang butuh.

Baca juga: Begini Cara Karyawan Membuang Waktu di Tempat Kerja

4) Merenung

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk merenung, maka inilah saatnya. Agar renungan Anda bermakna, Anda bisa membuat diary. Tuliskan hal-hal apa saja yang sudah penah Anda raih, halangan yang Anda hadapi, rencana Anda ke depannya hingga action plan untuk meraih rencana Anda tersebut. Jika Anda rajin melakukan hal ini, maka Anda akan dapat lebih memahami diri Anda. (*)