3 Tips Sederhana untuk Tetap Produktif

old-letters-436502_640

Menjadi produktif memang dambaan setiap orang. Nyatanya meraih produktivitas bukanlah hal yang mudah. Untuk meraih produktivitas dan mencapai hal yang lebih banyak, Anda perlu mengurangi gangguan, menanamkan kebiasaan baik, dan memiliki tingkat disiplin yang baik.

old-letters-436502_640

Matt Mayberry, salah satu kontributor Entrepreneur.com dan CEO dari Matt Mayberry Enterprises, membagi tiga tips sederhana untuk membuat Anda tetap produktif sepanjang hari. Simak pemaparannya berikut ini.

  1. Hindari telepon dan email di pagi hari

Jika hal pertama yang Anda cari ketika Anda membuka mata setiap pagi adalah gadget Anda, maka jangan heran jika dua jam pagi hari Anda terbuang sia-sia. Mayberry membuat prioritas untuk meletakkan gadgetnya di ruangan yang berbeda. Hal ini dikarenakan pada pagi hari ia harus mempersiapkan dirinya. Mulai dari bersiap-siap untuk bekerja, membaca buku selama 20 menit, hingga bermeditasi. Setelah hal-hal tersebut terlaksana, barulah ia mengecek gadgetnya.

  1. Bekerja dengan tenggat waktu

Maksudnya bukan bekerja ketika mendekati deadline ya. Namun memberikan waktu bagi Anda sendiri untuk fokus bekerja dan tidak melakukan hal lain. Mayberry bekerja selama 50 menit sebelum akhirnya beristirahat sejenak. Bekerja dengan tenggat waktu ini akan membuat Anda lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan Anda. ditambah lagi dengan reward istirahat sejenak nantinya, hal ini mungkin bisa menambah semangat Anda dalam bekerja pada tenggat waktu tersebut.

  1. Beristirahat sejenak diantara tenggat waktu

Setelah fokus bekerja selama 50 menit, Mayberry beristirahat selama 10-15 menit. Saat beristirahat sejenak ini ia biasanya berjalan-jalan, berlatih pernapasan atau stretching sebentar. Setelah 10–15 menit berakhir, ia pun siap untuk bekerja lagi. Siklus ini bisa Anda ulang selama beberapa kali dalam jam kerja Anda. Harus selalu ingat bahwa Anda butuh istirahat untuk mengumpulkan kembali fokus Anda. (*)