3 Tips Mendengarkan Musik saat Bekerja

laptop-1483974_640

Konsep open office memang sudah banyak diaplikasikan dalam kantor-kantor masa kini. Bahkan tidak sedikit yang merombak kantor konvensional mereka dengan kantor model open office. Dengan konsep open office diyakini dapat membuat kolaborasi dilakukan lebih mudah.

Namun begitu, tidak sedikit pekerja yang mengalami kesulitan untuk fokus. Hal ini dikarenakan panggilan telepon, meeting dan segala macam perbincangan yang terjadi terdengar oleh satu penjuru kantor. Jika Anda ingin sedikit fokus, tidak salah jika Anda mengalihkan diri dengan menggunakan headphone.

laptop-1483974_640

(Credit image: Pixabaycom)

Ketika Anda sedang ingin fokus, mengenakan headphone adalah solusinya. Namun hati-hati, jika Anda salah mendengarkan musik, bisa-bisa tugas Anda tidak selesai karena Anda sibuk bernyanyi.

Berikut terdapat 3 (tiga) tips yang dilansir dari Entrepreneur dalam mendengarkan musik di kantor. Simak pemaparannya berikut ini.

  1. Dengarkan Musik Saat Sedang Berisik

Ketika lingkungan di sekitar Anda berisik, otak Anda akan memproses semua suara yang ditangkap sebagai data. Situasi tersebut adalah waktu yang tepat untuk mendengarkan lagu upbeat. Hal ini akan membantu menurunkan cortisol dan meningkatkan dopamine. Sehingga Anda akan dapat tenang namun tetap fokus.

  1. Dengarkan Musik saat Mengerjakan Tugas Berulang

Melakukan input data atau membuat 100 buah name tag untuk acara kantor, cocok ditemani dengan musik. Musik yang didengarkan akan menstimulus neurotransmitter seperti serotonin dan norephinephrine. Serotonin akan memberikan perasaan nyaman dan senang. Sedangkan norepinephrine akan meningkatkan kewaspadaan, daya ingat dan fokus. Hasilnya pekerjaan berulang akan selesai lebih cepat dengan kesalahan lebih sedikit.

  1. Dengarkan Lagu Lama

Otak Anda akan selalu memproses informasi baru, sehingga mendengarkan lagu yang sudah akrab di telinga atau musik ambient cocok untuk didengarkan saat Anda membutuhkan konsentrasi. Namun jika musik tersebut terlalu baru, otak Anda justru bekerja lebih keras untuk memproses musik tersebut dibandingkan laporan yang sedang Anda kerjakan. Dengarkanlah lagu-lagu lama jika Anda berhadapan dengan tugas yang baru.

Pada dasarnya tidak ada salah mendengarkan musik saat bekerja. Asalkan volume musiknya tidak mengganggu rekan kerja Anda dan pastikan Anda tetap aware dengan lingkungan sekitar Anda. Jangan sampai boss memanggil Anda malah tidak dengar karena sibuk bernyanyi. Selamat mendengarkan!