19 Cara untuk Tetap Bergaya Hidup Sehat di Kantor

kantor-google

Jika Anda adalah karyawan kantoran, yang bekerja rata-rata 8-9 jam per hari, mungkin Anda berpikir bahwa gaya hidup sehat adalah sebuah kemustahilan. Jadwal kerja yang padat rasanya tidak memungkinkan bagi kita untuk berolahraga atau bahkan meramu bahan makanan sehat.

kantor-google

Dilansir dari themuse.com, berikut adalah cara-cara mudah untuk meningkatkan performa kesehatan kita meskipun aktivitas sedang sangat padat di kantor.

1) Selalu sediakan snack atau camilan sehat di dekat kita

Ketika sedang bekerja, kadang kita memiliki kecenderungan untuk ngemil, entah itu karena lapar atau sekedar ingin saja. Dalam situasi tersebut, biasanya vending machine di kantor atau makanan sisa rapat menjadi sangat menggoda untuk disantap sambil tetap meneruskan pekerjaan.

Daripada demikian, ada baiknya apabila kita menyiapkan camilan yang sehat di meja. Misalnya saja kacang almond atau kripik daun kale. Dengan begitu, asupan gizi kita tetap terjaga dan tidak perlu mengonsumsi terlalu banyak kalori.

2) Bawa bekal makan siang

Ketika Anda membawa bekal makanan yang Anda masak sendiri–bukan beli dari luar–, Anda lebih bisa mengontrol apa yang Anda makan. Oleh karena itu, bawalah sendiri makanan Anda.

3) Bergaul atau keluar makan dengan orang-orang yang “sehat”

Pepatah mengatakan, kita makan apa yang teman kita makan. Jika bergabung dengan orang-orang berpola makan dan gaya hidup sehat, Anda akan terhindar dengan sendirinya dari kebiasaan makan/gaya hidup yang tidak sehat.

4) Berdiri dan sering-sering lakukan perenggangan

Bahkan ketika sedang mengerjakan pekerjaan kantor, seperti mengirim email atau mengerjakan tugas ringan, cobalah untuk berdiri. Menghabiskan 30 menit waktu Anda akan membantu Anda mengenghimpun kembali energi.

Jika suasana kantor Anda tidak memungkinkan Anda untuk bekerja sambil berdiri, carilah tempat yang cukup luas  dan lakukan perenggangan di tempat tersebut kurang lebih satu jam dalam sehari. Bagaimanapun juga, tidak ada yang lebih buruk dari pulang kerja dengan leher kaku dan otot-otot yang sakit.

5) Gunakan komputer dengan bijak

Menatap layar komputer sehari penuh akan membuat mata, leher, kepada dan punggung kita kelelahan. Oleh karena itu, sesekali beristirahatlah, redupkan juga layar komputer dan duduklah tegak atau pada posisi yang tepat.

6) Jadwalkan “walking meeting

Agar tak melulu duduk ketika sedang di kantor, sesekali lakukan rapat sambil berjalan berkeliling. Selain dengan duduk di bangku, pada dasarnya kita tetap bisa berdiskusi sambil berjalan menikmati alam di luar kantor. Terutama apabila meeting hanya diikuti dua atau tiga orang dan bahasannya tidak sesuatu yang sangat serius menyangkut data berupa angka-angka.

7) Gunakan tangga

Seringkali karena ada lift di kantor, kita enggan berjalan lewat tangga. Padahal, berjalan menanjak sangat baik untuk tulang kita. Jika ruangan kita berada di atas lantai 20, kita bisa menaiki tangga terlebih dahulu baru kemudian naik lift.

8) Melakukan kegiatan fitnes di tengah hari-hari sibuk Anda

Jika memungkinkan, sisihkan satu jam waktu kerja Anda untuk mengunjungi tempat yoga atau gym terdekat. Atau jika tidak, bisa juga dengan sekedar lari-lari santai di sekitar kantor. Meskipun kita kehilangan satu jam, aktivitas ini terbukti dapat meningkatkan produktivitas.

9) Tidur siang sebentar

Kadang kita merasa takut atau khawatir jika bos memergoki kita sedang tidur saat jam kerja. Namun, jika Anda benar-benar butuh tidur siang sebentar, sampaikan hal tersebut kepada atasan. Pasalnya tidur siang yang nyenyak meskipun singkat dapat memulihkan energi kita.

10) Bekerja di luar ruangan kantor

Sesekali, bawalah laptop Anda keluar dan bekerjalah di luar ruangan. Anda bisa memilih tempat yang nyaman misalnya di taman di bawah pohon atau di bangku-bangkunya. Yakinlah, habitat manusia sesungguhnya bukanlah ruangan dengan bangku-bangku, alat elektronik dan lampu-lampu yang terang menyala. Maka, dapatkan energi dari kekuatan alam.

11) Memiliki waktu untuk diri sendiri

Bekerja sepanjang hari bukanlah sesuatu yang baik untuk tubuh kita. Meskipun seandainya penampakan luar kita terlihat baik-baik saja, belum tentu kondisi mental kita juga demikian.

Untuk itu, sisihkan waktu di mana Anda dapat memanjakan diri sendiri. Misalnya saja dengan minum kopi, bermain sosial media dan juga mengobrol dengan orang-orang terkasih.

Baca juga: Penting! Paksa Bekerja sambil Berdiri demi Kesehatan

12) Minum banyak air

Tidak perlu disangkal lagi, air memang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Selain menghilangkan haus, air putih juga dapat mengurangi risiko sakit kepala di siang hari.

13) Membeli mainan pereduksi stress

Selain kepada teman kerja atau atasan, kita dapat meredakan rasa stress dengan melakukan hobi atau bermain dengan hal-hal yang kita suka. Bisa juga meredakan stress dengan benda-benda seperti mainan yang didesain khusus untuk membuat kita merasa lebih tenang.

14) Menciptakan tradisi fitness di kantor

Anda bisa menginisiasi kelompok yang peduli dengan gaya hidup sehat dan melakukan aktivitas olahraga di kantor bersama-sama. Misalnya pada jam tiga sore, semua anggota kelompok melakukan push up atau gerakan oleh raga lainnya. Banyaknya teman akan membuat kita lebih termotivasi.

15) Memandang keluar jendela

Riset membuktikan bahwa menatap pepohonan dapat mengurangi rasa depresi yang kita alami. Oleh karena itu, lakukan hal mudah ini sesering mungkin.

16) Ganti cangkir kopi ketiga atau keempat Anda

Sudah bukan rahasia lagi jika kopi menjadi teman baik para pekerja kantoran. Bahkan tidak sedikit dari kita yang mulai ketergantungan dan tidak cukup hanya dengan satu atau dua cangkir saja. Jika demikian, segeralah ganti cangkir ketiga atau keempat dengan minuman yang lebih sehat seperti susu atau yogurt.

17) Pelankan suara musik

Musik yang terlalu keras tidak baik untuk gendang suara. Apabila Anda mendengarkan musik dengan earphone, turunkan volume suaranya. Selain lebih menyehatkan, Anda jadi lebih mudah mendengar ketika bos memanggil.

18) Istirahatkan tangan Anda

Tangan Anda otomatis bekerja sepanjang hari menggantikan fungsi kaki yang hanya diam seharian. Renggangkan lengan dan jari-jari Anda jika tidak ingin menderita penyakit CTS atau carpal tunnel syndrome yang menyebabkan rasa nyeri di telapak tangan.

19) Ambil Nafas

Terdengar simpel tapi sebetulya sangat penting. Di sela-sela waktu sibuk Anda di kantor, luangan beberapa menit untuk terdiam, menatap keluar dan ambil nafas dalam-dalam. Dengan begitu Anda akan merasa lebih baik. (*)