11 Hal Yang Perlu Disiapkan Semalam Sebelum Wawancara Kerja

interview-2211354_640

Malam hari sebelum wawancara kerja adalah malam yang menegangkan. Dan tentunya, semua orang pernah mengalami hal ini. Itulah kenapa, kita perlu melakukan beberapa hal, yang kita sebut dengan persiapan.

interview-2211354_640

(Credit image: Pixabay.com)

Jika Anda sudah bersiap-siap dengan matang, tidak ada lagi yang perlu dirisaukan. Seperti dilansir dari themuse.com, berikut adalah 11 persiapan yang harus dilakukan sebelum wawancara. Berikut daftarnya:

  1. Menyiapkan pakaian yang akan Anda pakai.

Mungkin terdengar tidak umum, tetapi menjabarkan pakaian Anda di atas tempat tidur atau meja untuk memadu-padankan pakaian sangat penting dilakukan sebelum wawancara. Dengan begitu, Anda bisa melihat apakah pakaian yang akan kalian pakai matching atau tidak kombinasinya.

  1. Kemasi barang yang akan Anda bawa ke dalam tas.

Masukkan semua barang yang akan dibawa ke dalam tas Anda. Pastikan tidak ada yang tertinggal. Bisa juga Anda membuat daftar barang yang benar-benar penting dan tidak boleh ketinggalan. Misalnya saja make up, permen penyegar nafas, CV (Curriculum Vitae) atau portfolio jika memang dibutuhkan.

  1. Cari tahu alamat tempat wawancara dan cara menjangkau tempat tersebut.

Anda dapat menggunakan aplikasi seperti google map atau waze untuk mengetahui rute yang harus Anda tempuh ke tempat wawancara. Selain rute, pastikan Anda juga tahu transportasi apa yang harus Anda pakai untuk menjangkau tempat tersebut.

  1. Mencari referensi jawaban dari pertanyaan yang sering muncul.

Jangan malas untuk browsing di internet tentang pertanyaan-pertanyaan yang kerap muncul di wawancara kerja. Dengan mengetahui pertanyaan dan referensi jawaban, Anda terhindar dari kesalahan penyampaian jawaban yang fatal. Setidaknya, memiliki referensi lebih baik daripada tidak sama sekali.

  1. Lakukan riset tentang hal yang berkaitan dengan pewawancara Anda.

Pastikan bahwa Anda tidak hanya mengetahui nama pewawancara, tetapi juga jabatan dan di departemen apa. Jika memiliki cukup waktu, lakukan penelusuran di google atau LinkedIn untuk melihat profilnya. Terutama background pengalaman kerja yang pernah dijalani.

  1. Cetak CV Anda.

Pewawancara mungkin saja sudah memegang CV Anda ketika interview, tetapi bisa juga tidak. Siapkan salinan CV Anda, juga sebagai cadangan jika ternyata ada tambahan pewawancara dan belum membawa CV Anda.

  1. Sarapan.

Meskipun Anda tidak terbiasa sarapan di pagi hari, tetaplah makan sebelum wawancara kerja. Jangan biarkan perut Anda kosong di saat-saat krusial. Karena rasa lapar tersebut akan mengganggu konsentrasi Anda.

  1. Bersiaplah untuk kemungkinan terburuk.

Beberapa faktor memang tidak bisa kita kontrol, misalnya saja hujan turun ketika Anda sedang berjalan, macet atau baju Anda tiba-tiba kusut. Meski tidak terprediksi, kejadian tersebut dapat diantisipasi. Contoh, jika Anda tidak ingin terlambat, berilah spare atau cadangan waktu yang cukup dari jadwal wawancara ketika berangkat. Selain itu, Anda dapat menyiapkan template pesan di ponsel Anda yang memberitakan bahwa Anda akan dapat terlambat.

  1. Membuat contekan atau cheatsheet.

Hal ini akan sangat membantu apabila tiba-tiba Anda lupa dengan nama orang terutama pewawancara. Selain nama, tulis hal-hal penting seperti dengan siapa Anda bertemu dan apa jabatannya.

Untuk membantu melancarkan jawaban Anda ketika diwawancara, tulis juga daftar prestasi dan contoh sukses dari karir Anda. Tak hanya itu, cantumkan pula dalam contekan Anda pertanyaan-pertanyaan yang akan Anda sampaikan kepada pewawancara.

  1. Pasang Alarm.

Alarm sangat penting sebagai pengingat dan membantu kita untuk tidak terlambat.

  1. Tidur nyenyak.

Setelah melakukan semua persiapan, Anda berhak untuk tidur nyenyak agar ketika bangun Anda merasa segar. Matikan televisi, jauhkan ponsel, dan buat diri Anda senyaman mungkin. Tidurlah dalam waktu yang cukup. (*)