10 Tips Ini Kembalikan Fokus Anda dalam Bekerja

How to Focus Hacks

Sebagian besar pegawai, karyawan, atau pekerja sudah melai aktif pekan ini setelah liburan panjang Hari Raya Lebaran. Sebagian lagi sudah mengikuti jadwal masuk kerja bersamaan dengan berakhirnya masa cuti bersama.

Setelah libur cukup panjang, meski di sebagian kantor masih diselingi nuansa suasana lebaran dan beragam acara halal bil halal, secara personal setiap individu akan dihadapkan pada realita pekerjaan yang menumpuk. Pertanyaan pentingnya, bagaimana Anda bisa fokus saat bekerja dan mengembalikan ritme kerja hingga kembali menyamai ke level produktivitas sebelum libur panjang?

Baca juga: Sulit Fokus? Coba 6 Langkah Ini

Jika Anda berpikiran seperti, tak perlu khawatir karena Anda tidaklah sendiri. Hampir 95% pekerja merasakan bahwa mereka kesulitan untuk fokus saat bekerja. Berikut ini ada 10 (sepuluh) tips seperti yang dilansir dalam infografik di fundersandfounders.com yang membuat Anda bisa fokus saat bekerja. Apa saja tips tersebut? Berikut tips-nya dan tentu saja ini masih bisa dilengkapi dan dikreasikan menurut formula Anda sendiri.

How to Focus Hacks

 

1. Persiapkan camilan rendah glukosa di meja kerja Anda. Setoples kacang-kacangan bisa membuat otak Anda lebih fokus.

2. Matikan telepon Anda. Anda bisa mencoba memasang gadget Anda pada silent mode. Notifikasi yang muncul dari gadget Anda tanpa Anda sadari menurunkan fokus dan konsentrasi Anda saat bekerja.

3. Duduklah dengan posisi yang benar. Posisi duduk yang salah akan membuat Anda kehilangan fokus seiring lamanya bekerja karena kelelahan. Posisi duduk yang benar yaitu tidak membungkuk tetapi duduk tegak, jarak monitor ke badan adalah sejauh rentangan satu lengan, usahakan agar telapak kaki menyentuh lantai secara mendatar.

Baca juga: Cobalah 5 Meditasi Ringan Ini untuk Anda yang Sulit Fokus

4. Berikanlah deadline bagi diri Anda sendiri. Lihatlah sejauh apa produktivitas Anda dalam satu jam jika Anda fokus. Jika Anda bisa menyelesaikan banyak hal dengan fokus selama satu jam, maka hal tersebut akan menjadi motivasi Anda untuk fokus lebih lama.

5. Matikan segala peralatan elektronik ataupun gadget yang tidak diperlukan. Selain hanya menganggu fokus Anda, Anda juga membantu menghemat listrik.

6. Bersihkan meja Anda dari benda-benda yang tidak diperlukan. Sticky notes untuk deadline yang sudah lewat alangkah lebih baiknya jika Anda buang. Jika Anda tetap menyimpannya, hal tersebut akan mengganggu fokus Anda untuk menyelesaikan tugas yang lain padahal tugas tersebut sudah selesai.

7. Kenakan headphone dan dengarkanlah lagu. Musik klasik adalah musik yang cocok untuk meningkatkan fokus Anda. Jika Anda tidak menyukai musik klasik, Anda bisa mencoba mendengarkan musik pop, ambient ataupun dance tanpa lirik.

8. Buatlah daftar apa-apa saja yang harus Anda selesaikan. Coretlah dengan segera jika salah satu daftar tersebut sudah Anda selesaikan.

9. Berikanlah reward pada diri Anda sendiri. Jika Anda berhasil fokus selama 30 menit, cobalah untuk berjalan-jalan menikmati udara segar sebagai hadiah bagi diri Anda.

10. Tulislah tujuan Anda dengan tulisan besar-besar di kertas yang besar pula. Berikanlah figura. Lihatlah tulisan tersebut setiap pagi sebelum Anda mulai bekerja. Jadikan hal tersebut penyemangat Anda. (*)