Jadilah Karyawan yang Kocak

hrmasia.com

Menjadi seseorang yang kocak di kantor bisa jadi jalan paling mudah untuk bergaul dengan rekan kerja. Jika dimanfaatkan dengan baik, humor dapat meningkatkan status Anda di tempat kerja, membuat Anda terlihat percaya diri dan lebih kompeten. Hal ini diungkapkan berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Harvard Business School dan University of Pennsylvania Wharton School.

hrmasia.com

hrmasia.com

Menurus Alison Brooks, salah satu penulis paper and asisten professor di Harvard Business School, jika seseorang sudah cukup berani membuat joke, maka hal tersebut akan membuatnya terlihat percaya diri. Untuk membuat joke yang lucu, nyatanya, bukan merupakan hal yang mudah. “Dibutuhkan banyak kompetensi untuk membuat suatu joke. Tidak hanya sekedar general intelligence, namun juga emotional intelligence,” ungkap Brooks.

Namun joke yang buruk justru malah membuat hal yang sebaliknya. Mendekatkan diri dengan rekan kerja melalui humor memang sangat beresiko. Jika joke yang dikeluarkan payah dan membosankan, maka hal tersebut akan membuat seseorang kurang kompeten untuk membuatnya terdengar lucu.

Baca juga: Humor Membuat Meeting Lebih Produktif

Brad Bitterly, salah satu peneliti, menyarankan untuk melatih sense of humor. Menurutnya, sense of humor adalah hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan managerial skills yang penting. “Menurut saya akan sangat membantu jika seseorang belajar untuk membuat joke. Mereka dapat belajar untuk membuat mereka lebih familiar dan lebih nyaman saat mengutarakan joke,” ungkap Bitterly.

Bitterly menyarankan, jika Anda tidak yakin joke Anda cukup lucu, jangan sekali-kali mencobanya. Banyak pekerja yang memang menghindari menjadi orang yang kocak di tempat kerja. Alasannya mereka khawatir jika mereka gagal dapat terlihat sebagai orang yang bodoh, tidak sopan dan tidak professional. Namun apa salahnya mencobanya bukan? (*)