Inilah Panduan Memilih Cat Kantor Agar Karyawan Lebih Produktif

russia-95311_640

Sementara produktivitas selalu dikaitkan dengan pengaturan waktu dan juga mindset untuk tidak mudah terdistraksi, ada hal-hal kecil yang juga berpengaruh terhadap produktivitas. Hal-hal kecil tersebut membantu kita bekerja lebih efisien. Apa sajakah mereka? Beragam.  Mulai dari suhu udara di ruangan, kondisi meja, secangkir kopi dan hal-hal lainnya.

russia-95311_640

(Image: Pixabay)

Meskipun begitu, bukan berarti hal-hal kecil tersebut selalu bermanfaat bagi efisiensi kerja kita. Warna tembok putih misalnya. Warna ini justru menghambat produktivitas karena dapat menimbulkan efek “serasa klinik” dan perasaan takut sehingga kita menjadi tidak fokus.

Berita baiknya, para peneliti telah menemukan warna-warna yang berdampak positif pada produktivitas. Berikut adalah warna-warna tersebut seperti dilansir dari themuse.com.

Biru

Warna biru secara universal dikenal sebagai warna yang bisa meningkatkan produktivitas. Warna biru memancarkan stabilitas dan ketenangan sehingga kita bisa tetap fokus dengan apa yang kita kerjakan. Cat warna biru sangat cocok diaplikasikan untuk ruangan kantor secara keseluruhan. Kemudian warna-warna lain dapat digunakan sebagai aksen, misalnya untuk meja atau atau partisi. Atau bisa juga disesuaikan dengan selera individual setiap karyawan di kantor tersebut.

Hijau

Warna hijau memberikan aura yang baik bagi mereka yang perlu bekerja dalam kurun waktu yang lama. Hijau akan membuat mata Anda tidak mudah lelah dan juga memberikan ketenangan bagi Anda. Dengan itu semua, Anda menjadi lebih mungkin untuk bekerja secara efisien.

Baca juga: 7 Tips Ini Bisa Pacu Produktivitas Melejit, Apa Saja?

Kuning

Kuning dikenal sebagai warna yang dapat membangkitkan rasa otimisme. Selain itu, kuning juga dapat memunculkan kreativitas. Oleh karena itu, jika kantor Anda mengharuskan karyawan untuk menjadi kreatif, warna kuning ini cocok dipakai sebagai warna perkakas atau alat apapun yang bersinggungan dengan karyawan.

office-1177468_640

Merah

Jika pekerjaan di kantor Anda memerlukan aktivitas fisik, maka warna merah sangat cocok digunakan sebagai cat kantor Anda. Warna merah ini terbukti dapat meningkatkan aliran darah, menggugah emosi dan juga passion. Bahkan, jika Anda ingin karyawan tertarik pada salah satu sudut kantor, maka gunakan warna merash ini untuk mencuri perhatian mereka. (*)