6 Peraturan Tidak Tertulis di Kantor yang Harus Diketahui Karyawan Baru

Ketika Anda memulai peran baru di sebuah organisasi, Anda merasa disambut dengan sangat baik. Dikenalkan dengan rekan-rekan dari berbagai divisi bahkan diajak makan siang dengan boss Anda. Pada hari awal-awal Anda bekerja, Anda akan mempelajari peraturan apa saja yang ditetapkan oleh kantor. Tidak hanya sekedar peraturan tertulis, kebijakan apa saja yang harus dipenuhi dan apa yang diharapkan dapat Anda raih.

startup-594090_640

(Image:Pixabay)

Namun ternyata tidak hanya peraturan tertulis yang harus diketahui oleh para pekerja baru. Melainkan juga peraturan tidak tertulis. Meskipun tidak tertulis, bukan berarti Anda tidak dapat mengetahuinya. Dengan sedikit observasi, Anda pun bisa mengetahuinya. Apa saja kira-kira peraturan tidak tertulis yang biasa dimiliki setiap kantor? The Muse memberikan enam peraturan tersebut bagi Anda.

1) Apa yang dimaksud dengan waktu kerja fleksibel

Pahami apa yang dimaksud dengan waktu kerja yang fleksibel. Tentu saja salah satu alasan Anda menerima pekerjaan tersebut adalah karena Anda bisa datang dan pergi kapan pun ke kantor asalkan pekerjaan Anda selesai tepat waktu. Namun apakah hal tersebut benar-benar diaplikasikan pekerja yang lainnya?

Jika ternyata mayoritas pekerja lain datang pada pukul 9 dan pulang pada pukul 5, apakah Anda ingin datang dan pergi sesuka hari Anda? Tentu saja tidak. Pahami situasi terlebih dahulu sampai Anda bisa memahami waktu kerja fleksibel yang dimaksud saat proses interview sebelumnya.

Baca juga: 4 Peraturan Unik di Kantor

2) Kapan waktu kerja benar-benar berakhir

Mungkin jam kerja yang tertulis adalah pukul 9 sampai 5. Namun kenyataannya, tidak ada satupun pekerja yang meninggalkan kantor sampai boss mereka pulang. Parahnya sampai pukul 8 sekalipun ia tidak menunjukkan tanda-tanda ingin meninggalkan kantor.

Terjebak dalam situasi ini memang membuat stress. Jika Anda datang lebih pagi, tidak ada orang yang melihat Anda datang. Namun jika Anda pulang lebih awal, semua orang akan tahu. Tidak peduli seberapa banyak pekerjaan yang Anda selesaikan, pulang lebih awal akan membuat Anda terlihat malas.

Hal yang paling penting perlu Anda lakukan adalah menyelesaikan pekerjaan Anda dan boss Anda pun mengetahui bahwa pekerjaan Anda sudah selesai. Jika hal tersebut membebani Anda atau membuat performa kerja Anda menurun, mungkin lingkungan kerja tersebut tidak cocok untuk Anda.

Next: 3) The Open Door Policy