Wow! Peran Wanita dalam Pengambilan Keputusan Meningkat

women_ceo

Wanita dalam suatu organisasi memiliki peran yang cukup penting. Tidak hanya sekedar lebih tenang dalam menghadapi konflik, wanita juga mampu menampilkan performa kerja yang lebih baik dibandingkan pria. Hal ini kemudian membuat peran wanita dalam organisasi, salah satunya proses pengambilan keputusan, menjadi hal yang penting untuk diketahui.

women_ceo

(Image: universityofcalifornia.edu)

Masih sedikit wanita yang memiliki posisi tinggi dalam suatu organisasi, apalagi dalam urusan pengambilan keputusan. Atas permasalahan ini, disusunlah kebijakan untuk menambah jumlah kuota wanita dalam proses pengambilan keputusan. Norwegia menjadi negara pertama yang mengaplikasikan kebijakan tersebut.

Peran Wanita dalam Pengambilan Keputusan Meningkat

Berdasarkan laporan yang dipublikasikan oleh PwC, Norwegia menjadi negara dengan kuota wanita terbanyak dalam proses pengambilan keputusan, yakni sebesar 39%. Diikuti dengan Finlandia (30%) dan Perancis (26%) diperingkat berikutnya. Negara-negara di Asia seperti Jepang dan Korea Selatan ternyata masih kekurangan peran perempun sebagai pengambilan keputusan. Keduanya hanya memiliki presentase sebesar 2%.

Kehadiran wanita dalam proses pengambilan keputusan ternyata dapat memberikan sudut pandang dan tantangan baru. Sehingga proses pengambilan keputusan akan menghasilkan output yang lebih baik. (*)